Akhirnya, Ubuntu 12.04 Precise Pangolin

Tanggal 26 April 2012 yang lalu, telah dirilis Ubuntu 12.04. Meskipun sudah dapat file ISO-nya tapi baru dua hari ini bisa install di laptop dan desktop.

Saya sarankan gunakan clean install dari awal, jangan pakai feature upgrade. Saya sudah coba untuk upgrade, tetapi ada banyak gangguan. Contohnya driver ATI saya tidak terbaca sama sekali. Akhirnya install dari awal, dengan catatan Home tidak ikut di-format, sehingga dokumen yang disimpan sebelumnya tidak hilang.

Setelah install semua aplikasi yang saya butuhkan, harus saya katakan Ubuntu 12.04 kali ini memang lebih cepat. Keunggulan lainnya jelas adalah sistem HUD yang sangat praktis bagi yang terbiasa dengan text command di Linux.

Sementara kalau kita tekan tombol Super agak lama, akan muncul tampilan shortcut Unity yang sangat berguna.

Hal-hal lainnya, silakan coba sendiri lah ya. Tidak bakalan kecewa dengan Ubuntu yang ini. O’ya … hampir lupa. Kemarin saya install menggunakan USB Live, dan rupanya default instalasi GRUB ada di dev/sdb atau masuk ke USB Flash Disk, jangan lupa mengubah instalasi GRUB-nya ke partisi yang Anda inginkan atau ke MBR.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

2 thoughts on “Akhirnya, Ubuntu 12.04 Precise Pangolin

  1. karmic koala

    om.. knp ubuntu 12.04 saia tdk bisa gunakan wine. sdgkan wkt 10.10 saia bisa gunakan wine utk ms.office 2007 dan utk printer L100 epson tdk compatible utk driver. saia gunakan L100 utk pdf, dikantor saya utk label gelang patient safety.

    tolong kirim link ya.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.