HUD Ubuntu 12.04

      No Comments on HUD Ubuntu 12.04

Kalau ditanyakan apa yang membedakan Ubuntu 12.04 dengan sebelumnya, salah satu yang paling menonjol adalah fitur Head Up Display (HUD). Ada yang menyebutnya sebagai pengganti Menu. Meskipun sebenarnya tidak tepat demikian, karena sistem Menu tetap ada di setiap aplikasi, sedangkan HUD semacam mendampingi sistem Menu.

Hal ini bisa dimaklumi karena HUD merupakan fitur berbasis teks, sedangkan Menu sebagaimana kita ketahui berbasis GUI. Bagi para veteran Linux, text command adalah hal yang mengasyikkan, tetapi bagi newbie tentu sedikit membingungkan. Maka dengan tetap adanya sistem Menu dan HUD, ada pilihan bagi pengguna Ubuntu.

Contohnya, kalau untuk membuka sebuah file dari aplikasi di Ubuntu biasanya dilakukan dengan klik File, lalu klik Open, baru pilih file untuk dibuka. HUD jauh lebih sederhana, cukup dengan mengetikkan Open, maka fitur yang sama akan terbuka. HUD di Ubuntu 12.04 bisa diaktifkan dengan menekan tombol Alt. Sayangnya memang, fitur HUD ini belum bisa dijalankan dalam aplikasi LibreOffice.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.