Yang mungkin akan mengejutkan di Ubuntu 12.04

Sebagaimana sesuai jadwal rilis Ubuntu yang selalu rutin setiap bulan April dan Oktober, maka di bulan April nanti akan muncul Ubuntu terbaru yaitu versi 12.04 dengan kode nama Precise Pangolin.

Dan setiap rilis baru Ubuntu selalu ada perbaikan-perbaikan dan peningkatan pada kemampuan sistem operasi ini. Kira-kira inilah yang akan berubah di Ubuntu 12.04.

Dipastikan Ubuntu 12.04 akan lebih ringan dan akibatnya adalah waktu startup yang lebih cepat. Jika benar, maka berarti LightDM yang digunakan juga pasti akan lebih ringan dari versi 11.10.

Dengar-dengar ada perubahan yang sangat drastis di Ubuntu Software Center, seperti penambahan kategori, interface yang baru, dan juga dilengkapi fitur yang ada di Synaptic. Kalau di versi 11.10, startup Ubuntu Software Center menurut saya membutuhkan waktu yang lama, lebih dari 10 detik. Nah, para developer Ubuntu menargetkan di Ubuntu 12.04, Software Center hanya butuh 2 detik untuk startup. Keren.

Perubahan besar lainnya ada di ISO installer Ubuntu 12.04 yang ukurannya membesar hingga 750 MB. Artinya tidak akan ada CD installer Ubuntu 12.04, mungkin yang ada DVD Ubuntu 12.04 🙂 Tetapi jelas lebih mudah untuk membuat USB Live Ubuntu. O’ya, defaultnya akan menggunakan 64-bit, meskipun untuk yang 32-bit tetap ada.

Nah, kabar terbarunya adalah Ubuntu akan mengganti menu aplikasi dengan HUD (head-up display) control system. Jadi, daripada mencari di menu, aplikasi akan lebih bisa diakses menggunakan HUD ini, tinggal ketikkan perintah saja. Bagi pengguna veteran Ubuntu yang terbiasa dengan text-command, tentu saja ini berita menggembirakan, karena akses ke sistem pasti lebih cepat. Tetapi bagi pengguna baru Ubuntu, mungkin perlu sedikit penyesuaian ya 🙂

O’ya, sebenarnya yang saya tunggu-tunggu adalah kapan Ubuntu Tweak akan dimasukkan ke repository resmi Ubuntu. Karena setahu saya, Ubuntu punya kebiasaan memasukkan aplikasi-aplikasi yang bagus ke dalam repository resminya.

Okay, kita tunggu saja Ubuntu 12.04 yang tinggal menghitung hari.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

5 thoughts on “Yang mungkin akan mengejutkan di Ubuntu 12.04

  1. agoezz

    gan mau tanya ni lbih enakan mana ya ubuntu 11.10 dan 12.04 jika di pandang dari segi kebutuhan kita sehari2. jangan2 di 12.04 ini banyak bug2 jika mau install aplikasi atau melakukan kegiatan yang lain.,? tolong pencerahan nya. terimakasih

    Reply
    1. martianuswb Post author

      Saya pakai 12.04 baik-baik saja. Kalau ada bugs yang muncul, jadi tantangan kan? 🙂

      Reply
    2. ndasgodhog

      kalau anda merasa kesusahan untuk menggunakan ubuntu, masih ada pilihan lain yaitu menggunakan Linux Mint Maya..

      Linux Mint merupakan turunan dari ubuntu jadi masih tetap bisa menggunakan aplikasi2 yang bisa dipake di Ubuntu…

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.