LibreOffice: membuat peringkat data di Calc dengan Rank

Ceritanya kemarin terpaksa hadir di acara Pesta Siaga, sehingga musti pakai seragam Pramuka lagi yang sebenarnya sudah bertahun-tahun dipensiunkan 🙂 Pesta Siaga itu acara bagi Pramuka tingkat Siaga (kira-kira kelas 1-4 SD) yang isinya perlombaan-perlombaan dan dinilai, Gugus Depan mana yang paling unggul.

Nah, salah satu panitia tiba-tiba menghampiri saya bertanya bagaimana membuat rangking berdasarkan nilai. Jadi panitia pasang layar dan LCD yang dihubungkan ke laptop, sehingga semua peserta yang waktu itu ada sekitar 70-an Barung bisa langsung melihat update nilai. Saya menebak pasti pakai Microsoft Excel, masalahnya saya tahu rumus membuat peringkat itu dengan RANK, tetapi saya selalu menggunakannya di LibreOffice Calc. Akhirnya saya coba rumus yang saya tahu itu di Microsoft Ecxel, dan ternyata bisa.

Bagaimana membuat peringkat di Microsoft Excel, cari tahu sendiri ya, yang saya mau jelaskan di sini adalah cara di LibreOffice Calc. Misalkan ada data seperti di bawah, di mana saya ingin membuat peringkat empat kitab Injil berdasarkan jumlah pasalnya.

Pilih sel D2, kemudian klik ikon fx di sebelah kiri Formula Bar. Cari fungsi RANK, kemudian klik Next.

Maka akan muncul Function Wizard untuk fungsi RANK, yaitu value, Data, dan Type.

Klik ikon di sebelah kanan kolom value. Kemudian pilih sel C2 dan tekan Enter.

Sekarang mengisi Data, klik kanan ikon di sebelah kanan kolom data. Kemudian blok sel C3-C5 dan tekan Enter.

Kemudian pada kolom Type isikan angka nol, kemudian klik OK.

Meskipun fungsi sudah dimasukkan, kita belum selesai. Kolom Data harus dibuat absolute-nya terlebih dahulu. Caranya klik sel D2, kemudian lihat di Formula Bar akan muncul rumus fungsi yang tadi kita masukkan. Sekarang blok tulisan C2:C5, dan tekan kombinasi keyboard Shift + F4.

Jika sudah selesai, tinggal Copy sel D2 dan Paste ke sel D3 hingga D5, maka akan muncul peringkat yang kita inginkan.

Mudah kan, selamat mencoba.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

3 thoughts on “LibreOffice: membuat peringkat data di Calc dengan Rank

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.