Janganlah kita terlambat dalam pertemuan-pertemuan ibadah kita

Yah memang tidak ada ayat yang mengatakan seperti di atas sih. Kalau bisa menulis judul yang panjang sebenarnya akan saya tulis, “Janganlah kita terlambat dalam pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang”, sebuah adaptasi dari Ibrani 10:25 🙂

Sekali lagi saya mengingatkan pentingnya kedisiplinan dalam pertemuan-pertemuan ibadah. Apakah ada ayatnya tentang disiplin di Alkitab? Jelas ada … saya sudah pernah menulisnya, silakan baca di sini.

Mengapa saya begitu membenci keterlambatan saat kebaktian, atau persekutuan, atau pertemuan ibadah lainnya? Saya merasa datang terlambat di pertemuan ibadah itu sepertinya kok tidak menghormati TUHAN ya. Kita bekerja berusaha sekuat tenaga supaya tidak terlamabat, agar tidak kena potongan. Atau kita berusaha bangun pagi agar tidak terlambat sekolah supaya tidak dihukum. Mengapa kita tidak bisa melakukannya untuk TUHAN yang katanya begitu kita kasihi itu? Apakah ketakutan kita kepada atasan (bos ataupun guru/dosen) lebih besar dari takut kita akan BOS Besar di surga? Sayangnya, memang TUHAN Yesus tidak pernah menghukum yang terlambat datang ke gereja ya.

Ada lagi prinsip orang Kristen yang tidak begitu saya sukai, mereka mengatakan terlambat ke gereja tidak apa-apa asalkan sebelum khotbah dimulai. Wakz … di gereja saya setelah satu lagu pembukaan, langsung ada pembacaan firman itu. Begini, memang kebanyakan gereja memulai ibadahnya dengan puji-pujian, baru kemudian khotbah. Khotbah Firman Tuhan itu kan TUHAN sedang “memberikan” Firman-Nya kepada kita, sedangkan praise ‘n worship adalah waktu kita mempersembahkan sesuatu kepada DIA. Jika kita seenaknya terlambat ke gereja dengan prinsip asal sebelum khotbah, bukankah itu artinya kita sedang egois, mau menerima sesuatu dari Tuhan, tetapi tidak mau memberikan kemuliaan bagi Dia?

Yang kedua, selain tidak menghormati Tuhan, saya rasa datang terlambat ke pertemuan-pertemuan ibadah itu juga tidak menghormati umat Tuhan yang lain. Ada orang-orang yang mengorbankan banyak hal supaya tidak terlambat datang ke gereja, sementara kita seenaknya datang terlambat, bukankah itu namanya tidak menghormati. Belum lagi saat kita terlambat ke gereja, tanpa sadar kita mengganggu mereka yang sudah duduk, karena kita musti mencari kursi yang kosong yang kebetulan ada di barisan tengah.

Kalau terlambat sekali dua kali dengan alasan yang tepat sih okelah, tapi kalau setiap pertemuan ibadah selalu terlambat, itu artinya memang Anda kurang ajar.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.