LibreOffice Calc: sumproduct

Kalau di Microsoft Excel ada fungsi COUNTIFS untuk menghitung banyaknya data berdasarkan lebih dari satu kriteria, maka di LibreOffice Calc, tidak ada fungsi ini. Sebagai altenatif bisa digunakan fungsi SUMPRODUCT yang pada prinsipnya sama dengan COUNTIFS pada Microsoft Excel.

Misal kita dapatkan data sebagai berikut:

Berdasarkan data pada tabel A1:D11 akan dibuat rekap pada F1:H4 berdasarkan kriteria jenis kelamin dan usia.

  • Maka, pada sel G3 untuk melihat banyaknya laki-laki yang berusia di bawah 27 tahun, kita isikan formula =SUMPRODUCT($C$2:$C$11=”L”,$D$2:$D$11<27)
  • Pada sel H3 untuk mengetahui banyaknya laki-laki yang berusia di atas 27 tahun, kita ketikkan formula =SUMPRODUCT($C$2:$C$11=”L”,$D$2:$D$11>=27)
  • Dengan prinsip yang sama, di sel G4 kita isikan =SUMPRODUCT($C$2:$C$11=”P”,$D$2:$D$11<27)
  • Dan di sel H4 bisa kita ketikkan =SUMPRODUCT($C$2:$C$11=”P”,$D$2:$D$11>=27)

Yang perlu diperhatikan adalah pemberian nilai mutlak (absolute reference) pada formula tersebut, yang ditunjukkan dengan karakter $. Untuk memberikan nilai mutlak bisa digunakan shortcut <Shift> + <F4>. Kemudian untuk karakter dengan format Text, harus diingat untuk menggunakan tanda kutip ganda “…”.

Maka, tabel data rekap akan menjadi seperti berikut:

Sebenarnya ada cara yang lebih mudah untuk membuat rekap data, yaitu dengan menggunakan Data Filter. Lain waktu akan saya tuliskan.

 

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.