Formula dalam LibreOffice (bagian 1)

Bagi Anda yang berkecimpung di dalam dunia ilmiah atau pendidikan, seringkali kita harus mengetikkan rumus-rumus matematika, atau rangkaian reaksi, atau formula-formula ilmiah lainnya. Bagi yang baru mengenal LibreOffice, dan sebelumnya terbiasa dengan Microsoft Office, mungkin akan merasa sedikit kesulitan.

Seri tulisan ini saya susun, untuk menolong kita menggunakan Formula dalam LibreOffice, yang sebenarnya cukup mudah jika sudah memahami prinsip-prinsip dasarnya. Sekedar informasi, saya menggunakan LibreOffice 3.3.2 dengan sistem operasi Linux Ubuntu 10.10 “Maverick Meerkat”. Jika Anda menggunakan yang lain, silakan disesuaikan saja. Selamat mengikuti tulisan saya ini, semoga bisa menolong.

Formula dapat digunakan di semua aplikasi LibreOffice, baik itu LibreOffice Calc, LibreOffice Draw, LibreOffice Impress, maupun LibreOffice Writer. Bahkan tersedia aplikasi khusus. Bahkan tersedia aplikasi LibreOffice Math yang dikhususkan untuk penggunaan Formula.

Untuk mengeluarkan Formula di LibreOffice, masuk ke Insert > Object > Formula, maka akan muncul jendela seperti di bawah ini.

Lembar kerja di bagian bawah adalah tempat Anda menuliskan formula atau rumus-rumus ilmiah, yang secara otomatis akan juga diduplikasikan di lembar kerja utama Anda di bagian atas.

Element dalam formula dibagi di dalam sembilan (9) kelompok, yaitu:

  1. Kelompok Unary/Binary Operators: digunakan untuk penulisan operator hitung, seperti positif, negatif, perkalian silang, perkalian titik, pembagian, operasi logika, dan lain-lain.
  2. Kelompok Relations: digunakan untuk penulisan hubungan relasi matematika, seperti lebih besar dari, kurang dari, lebih besar sama dengan dari, dan lain-lain.
  3. Kelompok Set Operations: digunakan untuk penulisan operasi himpunan, seperti anggota dari, himpunan bagian, himpunan kosong, dan lain-lain.
  4. Kelompok Functions: digunakan untuk penulisan fungsi matematika seperti eksponensial, logaritma, trigonometri, pangkat, akar, dan lain-lain.
  5. Kelompok Operators: digunakan untuk penulisan fungsi matematika seperti limit, integral, notasi sigma, dan lain-lain.
  6. Kelompok Attributes: digunakan untuk penulisan atribut-atribut ilmiah, seperti negasi, vektor, dan setting karakter.
  7. Kelompok Brackets: digunakan untuk penulisan dalam format tanda kurung, kurung kurawal, kurung himpunan, maupun kurung matriks.
  8. Kelompok Formats: digunakan untuk penulisan superscript, subscript, penulisan unsur kimia, penulisan urutan matriks, dan lain-lain.
  9. Kelompok Others: digunakan untuk penulisan simbol-simbol ilmiah lainnya.

Pada tulisan berikutnya, saya akan membahas tentang aturan dasar penulisan Formula.

Bersambung … (ke bagian 2)

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

6 thoughts on “Formula dalam LibreOffice (bagian 1)

  1. Pingback: Formula dalam LibreOffice (bagian 2) « SINAU LINUX

  2. Pingback: Formula dalam LibreOffice (bagian 3-terakhir) « SINAU LINUX

  3. Den Shoim

    saya baru saja memulai menggunakan linux dan libreoffice. pengalaman pertama yang membingungkan. icon-icon yang ada sama sekali tidak familier buat saya, apalagi mengenai rumus-rumus di excel versi libre. sampai saat ini belum berhasil membuka file untuk laporan kegiatan Bos Jangkrik Jogja apalagi menggarapnya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.