Sekilas tentang Synaptic Package Manager dan Ubuntu Software Center

Seorang kawan kirim sms kalau sudah berhasil install Ubuntu terbaru di komputernya, tapi juga bertanya kok belum bisa untuk mainkan file-file mp3. Inilah permasalahan yang banyak ditanyakan oleh Linux newbie user (pengguna baru Linux), yaitu sistem operasi Linux dianggap belum lengkap.

Sebenarnya tidak demikian, Linux khususnya Ubuntu sebenarnya sudah lebih lengkap dalam aplikasi dasarnya dibandingkan sistem operasi lainnya. Contohnya, jika Anda menginstall sistem operasi Win**** (yang legal lho ya), maka hanya akan diinstall sistem operasi dasar saja. Kalau kita install Ubuntu, selain sistem operasi dasar, kita juga akan mendapatkan aplikasi grafik dasar, aplikasi office, dan aplikasi multimedia.

Sama seperti sistem operasi lainnya, untuk menggunakan aplikasi tambahan maka harus diinstall terlebih dahulu, demikian juga dengan Ubuntu. Nah, di sinilah fungsi dari Synaptic Package Manager dan Ubuntu Software Center. Kalau saya mendefinisikan Synaptic Package Manger dan Ubuntu Software Center itu adalah kumpulan basis data aplikasi-aplikasi yang bisa diinstall di Ubuntu, dengan catatan komputer Anda terkoneksi dengan internet atau Anda punya CD/DVD repositorinya. Saya sebut basis data karena aplikasi-aplikasinya sesungguhnya ada di server Ubuntu atau di dalam CD/DVD repository.

Jadi, Synaptic Package Manager dan Ubuntu Software Center bertugas menghubungkan komputer Anda dengan kumpulan aplikasi yang kemudian akan mendownload (dari server atau dari CD/DVD) dan kemudian menginstall aplikasi yang Anda pilih. Tentang hal ini silakan googling, ada banyak informasi di luar sana.

Untuk membuka Synaptic Package Manager, silakan tekan tombol Super (tombol Windows) di keyboard, kemudian di bagian Search, ketikkan “Synaptic Package Manager”, klik ikon Synaptic Package Manager.

Kemudian, Anda akan diminta memasukkan password, ketikkan password, dan klik OK.

Maka, Anda sudah masuk ke Synaptic Package Manager.

Sedangkan Ubuntu Software Center, sebenarnya sama dengan Synaptic Package Manager, hanya saja dengan GUI yang lebih menarik sehingga eye catching dan dikelompokkan dalam kategori-kategori yang lebih mudah dipahami pengguna pemula.

Caranya sama, tekan tombol Super di keyboard, dan di bagian Search ketikkan Ubuntu Software Center, kemudian klik ikonnya.

Nah, Anda sudah masuk ke Ubuntu Software Center.

Dengan Synaptic Package Manger atau Ubuntu Software Center, kita bisa memasang Audacious yang merupakan padanan Winamp, VLC Media Player untuk memutar semua file film, Inkscape yang merupakan padanan Corel Draw, GIMP yang merupakan padanan Photoshop, Blender aplikasi 3D, dan aplikasi-aplikasi lainnya, bahkan berbagai macam game juga ada.

Untuk menggunakan Synaptic Package Manager dan Ubuntu Software Center akan saya tulis lain waktu saat saya membahas aplikasi-aplikasi tertentu. Semoga ini bisa jadi perkenalan yang baik untuk pengguna Ubuntu, khususnya para newbie.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

27 thoughts on “Sekilas tentang Synaptic Package Manager dan Ubuntu Software Center

  1. Pingback: Menggunakan Ubuntu Software Center untuk install aplikasi di Ubuntu 11.04 « SINAU LINUX

  2. ciputra

    aq mau tanya …knapa klo aq mau instal aplikasi lewat Ubuntu Software Center.koq g bisa konek ke wifi ea …tlg bantuannya

    Reply
    1. martianuswb Post author

      Wifi apakah sudah terdeteksi oleh Ubuntu? Cara ceknya masuk ke System > Additional Drivers.
      Ubuntu akan deteksi apakah wifi sudah terinstall atau belum.

      Reply
  3. ratnamnc

    sama dg prtanyaan dr penanya pertama, wifi kampus sudah ke-detect dan saya jg bisa internetan dg lancar. tapi software center sama synaptic gak bisa terhubung k internet. itu knp ya? oh ya saya pake 10.10

    Reply
    1. martianuswb Post author

      Kalau boleh tahu, adakah message alert dari Ubuntu? Waktu error tulisan apa yang muncul?

      Reply
  4. eryc

    salam kenal ya pak,
    saya juga ingusan untuk urusan ubuntu, bisa bantu saya dengan satu jawaban?

    kalao kita mau belajar membuat aplikasi dengan bahasa pemrograman di ubuntu enaknya pake bahasa apa?
    hal ini akan menjadi titik awal pembelajaran saya selanjutnya!!!
    TERIMA KASIH SEKALI, TUHAN SELALU MEMBERKATI ANDA!

    Reply
    1. martianuswb Post author

      Terima kasih untuk kunjungannya.
      Saya tidak terlalu mendalami pemrograman, tetapi selama ini saya memilih Java, karena yang paling mudah menurut saya πŸ™‚
      Sementara Ubuntu sendiri mensupport banyak bahasa pemrograman, dari C/C++, Phyton, Pearl, dll. Silakan bisa dipilih sendiri.

      Reply
  5. bani

    sama dg pertanyaan sdr eric saya baru install 11.04, untuk internetan lancar tp software centre tidak bisa saat tambah aplikasi tanpa ada pesan apa-apa!!! please tolong dong baru mencintai linux ini

    Reply
    1. martianuswb Post author

      Mohom maaf, saya belum pernah mengalami hal ini. Jadi, saya akan coba jawab sebisanya ya. Coba masuk ke Terminal, kemudian ketikkan “sudo apt-get update”. Bagaimana hasilnya? Apakah ada error message? Ini sebenarnya untuk tahu di mana kesalahannya.
      Kalau ada error, coba masuk ke Synaptic Package Manager > Setting > Repositories. Pada Tab Ubuntu Software, pastikan tercentang semua, dan pada bagian “Download from” pilih “Main server” atau “Server for Indonesia”. Silakan dicoba, saya tunggu kabar baiknya πŸ™‚

      Reply
  6. Pingback: Resizing multiple images dengan GIMP (bagian 2) | SINAU LINUX

  7. Abii Eka

    Mas tolong Lucyd saya ada masalah……yaitu ga’bisa buka Application pada panel atas sebelah kiri,saya coba buat panel baru di bawah keudian saya add main menu maupun menu bar,hasilnya sama saja…kalau kolom places dan system ga’ada masalah…solusinya dong mas……

    Reply
  8. Abii Eka

    Tambahan mas….pesan error yang saya dapat jaika buka aplikasi melalui alt+F2 isinya kira2…Error stating file ‘/home/abii/ubuntu tweak’: No such file or directory….

    Reply
  9. arul

    mas .. mau tanya saya pakai linux backtrack 5 r3.. terus disitu saya sudah instal update manager .. untuk selanjutnya apa yang saya llakukan .. terima kasih

    Reply
  10. fiqri

    mas mau tanya … saya mengambil jurusan Teknik Komputer … terus saya suka dengan Network administrator.. apakah linux backtrack itu dibutuhkan dalam peran network admin… atau linux ubuntu yang dibutuhkan untuk network admin … terimakasih

    Reply
    1. martianuswb Post author

      Saya rasa tergantung pada kebutuhan dan pilihan. Kalau perlu kemudahannya, bisa memilih Ubuntu. Kalau yang diperlukan pada sisi keamanan, bisa menggunakan Backtrack. Saran saya, eksplorasi saja semuanya. Kelebihan Linux pada networking itu terletak pada fleksibilitasnya. Bisa gunakan distro apapun, secara umum arsitekturnya tidak beda jauh. Beda distro antara server dengan client, juga tidak masalah yang kompleks. Mungkin bisa juga dicoba CentOS dan Debian, dengan-dengar kehandalan dan stabilitas dusa distro ini untuk networking sangat baik.

      Reply
  11. fiqri

    terimakasih banyak .. atas informasinya.. mas mau tanya lagi kalau untuk mendapatkan CentOS dan Debian,…. terimaksih

    Reply
  12. fiqri

    mas di situs debian … kenapa nga ada yg Sistem 32 … yah soalnya sistem saya 32 bit…

    Reply
  13. fiqri

    mas mau tanya… punya totarial backtrack 5 r3 .. nga maaf sebelumnya saya newbi bangat neh ingin belajar mendalam … terimakasih

    Reply
  14. vivi

    selamat pagi mas saya mau tanya,, saya mau buat mail server di ubuntu 8.04 .. itu bagaimana caranya yah,,, terimakasih….

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.