Aptik: aplikasi untuk backup dan restore aplikasi di Linux berbasis Ubuntu

Pengembang aplikasi Aptik ini layak mendapat penghargaan karena mempermudah para pengguna Linux, khususnya saat harus memperbarui Linux. O’ya yang mau tahu detail aplikasi Aptik ini silakan langsung meluncur ke situsnya.

Bagi para pengguna Linux, khususnya yang berbasis Ubuntu, upgrade sistem operasi itu sebuah mimpi buruk. Karena biasanya setelah melakukan upgrade banyak masalah yang muncul. Sama seperti kalau melakukan “dirty install” di Android, daripada melakukan clean-install. Maka biasanya, saya memilih untuk menginstall sistem operasi terbaru daripada upgrade. Masalahnya adalah harus menginstall dari awal semua aplikasi. Katakanlah untuk memasang Ubuntu atau Linux Mint terbaru itu sekarang tidak lebih dari 15 menit, tapi untuk memasang semua aplikasi yang dibutuhkan itu bisa berjam-jam, tergantung koneksi internet juga.

Nah, pada prinsipnya Aptik mempermudah hal ini. Dalam dua hari ini akan rilis LinuxMint 17.1, jadi dalam waktu dekat saya akan install ulang komputer saya ini. Dengan Aptik saya bisa melakukan backup semua aplikasi, kemudian setelah install sistem operasi terbaru, tinggal melakukan restore. Memang tidak bisa restore 100%, tetapi paling tidak menghemat waktu dan menghemat bandwidth šŸ™‚ Kalau dipikir-pikir mirip dengan Titanium Backup di Android ya.

Untuk memasang Aptik ini di LinuxMint atau di Ubuntu tinggal masukkan perintah ini di Terminal.

sudo apt-add-repository -y ppa:teejee2008/ppa

sudo apt-get update

sudo apt-get install aptik

Tampilan pertama Aptik cukup sederhana, tetapi menjelaskan semua fungsinya.

Aptik

Aptik

Ada lima fungsi backup dan restore, yaitu Software Source (PPA), Downloaded Packages (APT Cache), Software Selection, Application Settings, dan Themes and Icons. Caranya juga cukup mudah, tinggal tancapkan Flash Disk atau Hard Disk eksternal, buat direktori baru untuk lokasi backup, kemudian tinggal klik backup. Nantinya di sistem yang baru, install Aptik, kemudian restore. Saya sudah mencobanya saat mengganti Ubuntu dengan LinuxMint, sangat menolong ini aplikasi.

Backup Software Sources

Backup Software Sources

Backup Software Selections

Backup Software Selections

Backup Application Settings

Backup Application Settings

Backup Themes

Backup Themes

Untuk detailnya, silakan langsung berkunjung ke situs pengembangnya ya.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.