Jika tidak ada yang membaca, akankah terus menulis?

Beberapa hari yang lalu terbangun dengan pertanyaan ini di kepala. Sebelumnya tidak pernah terpikirkan berapa banyak orang yang membaca tulisan-tulisan saya. Yang saya tahu dan saya pedulikan adalah saya menulis saja. Jadi, kemarin iseng saya buka statistik blog ini, dan saya dapati ini.

Blog Stats

Blog Stats

Saya rasa statistik di atas menunjukkan jumlah yang kecil untuk sebuah blog. Jadi, mulai berpikir juga siapa saja yang membaca tulisan saya ya 🙂 Lebih seringnya sih Google yang “menyesatkan” orang masuk ke blog ini. Kembali ke pertanyaan di atas, akankah saya terus menulis jika statistik menunjukkan kalau blog ini tidak menarik?

Jadi teringat dengan tulisan di Our Daily Bread ini.

Pada suatu malam di musim dingin, komposer Johann Sebastian Bach dijadwalkan untuk menggelar pertunjukan perdana dari gubahan musik terbarunya. Bach tiba di gereja dengan harapan tempat tersebut akan dipenuhi penonton. Akan tetapi, ternyata tak seorang pun datang. Dengan tetap bersemangat, Bach meminta para musisinya untuk tetap tampil sesuai rencana. Mereka menempati posisi masing-masing, Bach mengangkat tongkat kecilnya, dan gereja kosong itu pun segera dipenuhi dengan musik yang luar biasa.

Sumber >> http://santapanrohani.org/2014/01/06/ketika-tak-ada-yang-datang/

Maka pertanyaannya bukan tentang siapa yang membaca tulisan-tulisan saya, melainkan untuk siapa saya menulis; suara siapa yang saya perdengarkan dari tulisan-tulisan saya. Mungkin ya ada keinginan supaya lebih banyak orang membaca tulisan-tulisan saya, tetapi itu bukanlah sesuatu yang cukup penting selama saya tahu TUHAN membaca tulisan saya.

Apakah kita akan tetap melakukan yang kita kerjakan jika tidak ada seorang pun yang memperhatikan apa yang kita kerjakan?

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.