Kloning virtual machine ke hard disk

Begini kasusnya: sebuah laboratorium komputer dengan belasan PC jadoel (spesifikasi rendah dan usia tua) tanpa terhubung melalui LAN harus diinstal ulang. Karena ini instansi pemerintahan, anggaran sangat kecil (hampir nol) dan sistem operasi beserta semua aplikasinya haruslah legal.

Hal kecilnya anggaran dan masalah legalitas terselesaikan dengan mudah dengan memilih menggunakan BlankOn 7 Pattimura. Kalau jumlah PC tidak banyak bisa diinstall satu persatu sih. Masalah yang lain adalah tidak ada CD-ROM di komputer-komputer ini, dan tidak bisa booting via USB. Solusi: lepas hard disk dan pasang melalui PC lain yang mendukung booting USB atau CD/DVD Rom. Masalahnya, komputernya belasan lho. Okay, ini sekedar sharing saya, hal teknisnya akan saya update lain waktu, tetapi solusinya cukup sederhana. Saya menggabungkan solusi Virtual Box di Ubuntu 13.04, BlankOn 7, dan Clonezilla.

Siapkan dulu bahan-bahannya:

  1. Oracle VM Virtual Box 4.2.16 yang sudah dipasang di Ubuntu 13.04. Virtul Box bisa diunduh di situsnya.
  2. File iso BlankOn 7 yang bisa diunduh di situsnya.
  3. File iso Clonezilla yang bisa diunduh di situsnya.
  4. Perangkat keras: USB to SATA/IDE Connector. Karena hard disk yang akan saya install masih ATA.
  5. Hard disk yang akan kita pasangi BlakOn 7.

Langkah 1. Install BlankOn 7 di Virtual Box (Gunakan file ISO BlankOn yang sudah diunduh). Jika dibutuhkan bisa dipasang aplikasi-aplikasi lain di dalamnya. Saya cuma membuat virtual machine sebesar 8 GB.

Langkah 2. Dengan file ISO Clonezilla, jalankan Clonezilla via Virtual Box. Kemudian buat cloning/backup image dari mesin virtual BlankOn 7 yang sudah dipasang di Langkah 1. Simpan hasil image di USB Flash Disk atau di Hard Diks Eksternal.

Langkah 3. Buat USB Live Clonezilla dari file ISO-nya.

Langkah 4. Matikan komputer kita, pastikan bisa booting via USB. Dengan USB to SATA/IDE Connector, hubungkan hard disk yang akan kita install, live USB Clonezilla, dan USB Flash Disk/Hard Disk Eksternal yang berisi file image backup BlankOn 7 (dari Langkah 2).

DSC_0254

Langkah 5. Hidupkan komputer, booting ke live USB Clonezilla, restore backup image BlankOn 7 ke hard disk yang akan kita pasang BlankOn 7 tadi. Jika kondisi hard disk masih bagus, proses restore ini hanya butuh waktu 2-3 menit. Lakukan hal yang sama untuk hard disk lainnya. Alternatif lainnya, masih menggunakan live USB Clonezilla, bisa langsung melakukan kloning antar hardisk.

Langkah 6. Pasang hard disk yang sudah berisi BlankOn 7 ke komputer aslinya, selesai.

Dengan cara di atas, saya menginstal sekitar 18 PC dalam waktu kurang dari dua jam. Murah, legal, dan simple to. Kapan waktu akan saya bahas satu persatu hal teknis dari langkah-langkah di atas. Atau jika kurang sabar, silakan googling atau baca manual dari Virtual Box dan Clonezilla. O’ya, baik Virtual Box dan Clonezilla, keduanya adalah open source software.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.