Siapa bilang “NgeBlog” itu gampang

Ayo_ngeblog

Sudah lebih dari satu tahun, hobi ngeblog ini saya jalani dengan cukup aktif. Aktif di sini maksud saya adalah paling tidak seminggu sekali pasti nulis di blog, bahkan bisa setiap hari posting sampai tiga tulisan di blog.

Tetapi musti saya akui bahwa aktifitas ngeblog ini bukanlah aktifitas yang gampang dijalani. Kalau sekedar membuat blog dan setting blog, banyak sekali blog gratisan di luar sana yang mudah dieksplorasi. Atau kalau ingin mempunyai domain sendiri, sudah banyak penyedia domain dan hosting yang murah. Yang sukar dari ngeblog itu adalah menjaga niat, hasrat, nafsu, keinginan untuk menulis itu lho.

Apalagi kalau ngeblog itu hanya sekedar hobi atau kegiatan sampingan seperti saya ini. Kesibukan bekerja dan aktivitas lain yang menyita waktu, tentu saja membuat tubuh dan pikiran lelah, sehingga mood untuk menulis bisa menurun bahkan sampai hilang. Ditambah lagi beberapa blog saya mempunyai topik-topik yang khusus untuk tulisan-tulisannya. Misal: blog Sinau Linux saya khususkan membahas Linux dan Ubuntu, blog Martianus’ saya khususkan untuk renungan-renungan rohani.

Bagaimana cara mengatasi mood menulis yang menurun atau menghilang itu, saya punya trik khusus. Yaitu, memaksa diri menulis tulisan apapun tanpa ada topik khusus, ya di blog inilah yang saya gunakan.

Nah, teman-teman yang mulai menurun semangat ngeblognya, ayo menulis lagi di blog. Update di Twitter dan Facebook, atau sosial media lainnya boleh-boleh saja kok. Tapi jangan biarkan blognya jadi sarang laba-laba ya.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

2 thoughts on “Siapa bilang “NgeBlog” itu gampang

  1. goiq

    betul sekali, menjaga mood untuk tetap posting blog itu yang susah… saya pun pernah mengalami kebuntuan itu 🙂

    Reply
  2. betoijo

    setuju , saya pun juga begitu 🙂 awal ngeblog sering banget bikin postingan , tapi lama lama juga bingung mau nulis apa gara2 kehilangan inspirasi 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.