Sub-domain custom untuk Posterous

Masalahnya bermula saat tiba-tiba salah satu blog saya di http://blog.martianuswb.com/ tidak bisa diakses. Sebenarnya blog ini saya buat di Posterous dengan alamat http://martianuswb.posterous.com/, hanya saja saya sub-domain kan ke martianuswb.com/. Saya tidak tahu pasti apa masalahnya, tetapi setelah saya lihat di cpanelhosting saya di Idwebhost — rupanya record yang ke Posterous itu terhapus.

Setelah baca-baca di Help milik Posterous, ternyata caranya lebih mudah daripada cara terdahulu. Sekarang kalau punya blog Posterous dan akan membuat sub-domain sendiri cukup melalui CNAME. Caranya sangat mudah.

Pertama-tama, masuk dulu ke cpanel Anda. Lalu ke bagian Domains, pilih saja Simple DNS Zone Editor. Ingat, di sini saya menggunakan domain dan hosting dari Idwebhost. Bisa saja berbeda untuk yang lain.

Kemudian buat record CNAME yang baru.

Pada kolom Name, isikan nama sub-domain yang kita inginkan. Untuk sub-domain http://blog.martianuswb.com/ cukup masukkan “blog”. Pada kolom CNAME, isikan “Posterous.com”, lalu klik Add CNAME Record. Jika berhasil, maka record ini akan muncul di bagian bawah.

Ngoprek cpanel-nya cukup di sini. Sekarang masuk ke akun Posterous kita, dan masuk ke Space Settings.

Dari sini, tinggal masukkan nama sub-domain ke Custom Domain Posterous.

O’ya, sepertinya perlu waktu 12-24 jam supaya perubahan ini bisa diakses oleh Posterous. Selamat mencoba ya.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.