Berlangganan tulisan blog Martianus

Iya GRATIS, berlangganan tulisan-tulisan saya di blog gratis dan akan tetap gratis. Prinsip saya untuk menggunakan copyleft, bukannya copyright akan tetap sama, bisa dibaca di tautan ini.

Dengan berlangganan blog ini dan blog saya lainnya, akan mempermudah Anda. Setiap saya membuat tulisan baru, maka Anda akan mendapatkan pemberitahuan. Dan langsung bisa membaca tulisan terbaru saya tanpa harus membuka blog ini. Ada dua cara yang saya sediakan supaya Anda bisa berlangganan tulisan saya, yaitu lewat email dan lewat RSS Feed.

Kita bahas dulu cara pertama, berlangganan lewat email. Di blog saya silakan cari widget Subscribe to Blog via Email. Tergantung blognya, bisa di sisi kiri atau di kanan.

Mendaftarkan email

Mendaftarkan email

Masukan alamat email Anda di kotak yang disediakan, kemudian klik tombol Subscribe. Jika sudah, buka email Anda dan sudah ada pemberitahuan untuk konfirmasi pendaftaran berlangganan tulisan dari blog saya.

Konfirmasi pendaftaran email

Konfirmasi pendaftaran email

Klik tombol Confirm Follow, dan Anda akan dibawa menuju tampilan browser untuk setting pendaftaran. Jika tidak ada perubahan, bisa diabaikan saja. Buka kembali email Anda, dan kini sudah ada berita baru bahwa pendaftaran berlangganan Anda sudah dikonfirmasi.

Pendaftaran email sudah disahkan

Pendaftaran email sudah disahkan

Tinggal tunggu saja, setiap kali saya membuat tulisan baru, maka akan langsung ada pemberitahuan di email Anda. Sudah saya atur supaya tulisan saya tampil penuh di email Anda, sehingga tidak perlu lagi membuka blog saya.

Tampilan di email: artikel penuh

Tampilan di email: artikel penuh

Sekarang cara kedua yaitu dengan RSS Feed. Apa itu RSS Feed silakan googling saja ya, pendeknya ini adalah metode mendapatkan berita terbaru dari situs kesukaan Anda. Cara ini membutuhkan aplikasi khusus yang harus dipasang. Ada banyak aplikasi RSS Reader yang bisa Anda unduh dan pasang. Karena Anda tahu saya tidak menggunakan Windows, jadi yang menggunakan Windows silakan cari sendiri ya. Untuk Ubuntu silakan cari di Ubuntu Software Center dengan kata kunci “RSS Feed Reader”, untuk Android saya gunakan aplikasi gReader, untuk Kubuntu yang saat ini saya pasang di komputer, sudah tersedia Akregator secara default tanpa perlu diinstal.

Saya berikan contohnya di Akregator ya. Untuk mendaftar, klik menu Feed > Add Feed

Akregator: Feed > Add Feed

Akregator: Feed > Add Feed

Ketikkan alamat blog di kolom yang disediakan. Klik OK.

Akregator: ketikkan alamat URL

Akregator: ketikkan alamat URL

Kalau di Akregator, Anda bisa melakukan beberapa perubahan setting feed blog yang Anda daftarkan.

Akregator: setting feed

Akregator: setting feed

Sama seperti di email, tampilan artikel tulisan saya di feed reader juga secara penuh (full text).

Akregator: tampilan feed artikel penuh

Akregator: tampilan feed artikel penuh

Nah, kalau untuk gReader di Android mirip sebenarnya, tinggal ikuti cuplikan gambar di bawah ini ya.

gReader - home page

gReader – home page

gReader - menambahkan URL RSS

gReader – menambahkan URL RSS

gReader - menambahkan langganan RSS

gReader – menambahkan langganan RSS

gReader - artikel penuh

gReader – artikel penuh

Nah, silakan dipilih mau mendaftar berlangganan tulisan saya dengan cara yang mana. Baik melalui email maupun melalui RSS Feed, semua tulisan saya sudah saya buat supaya ditampilkan secara penuh. Hal ini supaya Anda tidak perlu mengakses blog saya sehingga tentu saja lebih hemat bandwidth. Blog-blog saya tetap bisa diakses tentu saja, cara berlangganan ini hanya untuk mempermudah Anda saja.

Kalau mau mengikuti tulisan saya tentang kekristenan, tentang Alkitab, tentang gereja-gereja teraniaya, bisa berlangganan http://martianuswb.com/. Kalau ingin tahu tentang Linux, OpenSource, Ubuntu, bisa berlangganan http://sinaulinux.martianuswb.com/. Kalau ingin tahu sebenarnya makhluk bernama Martianus itu kalau curhat isinya apa saja bisa berlangganan http://celathune.martianuswb.com/. Silakan mana yang lebih pas untuk Anda.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.