Terminal: Split untuk memecah file

Kalau dulu saya pernah menuliskan tentang Catenate atau perintah “cat” yang berfungsi untuk menggabungkan file-file hasil pecahan, maka sekarang giliran perintah “split” yang berfungsi untuk memecah file besar menjadi beberapa file dengan ukuran yang kecil.

Skenarionya begini, saya punya satu file berukuran sekitar 30 MB yang diberinama “filebesar.pdf” dan akan dipecah menjadi beberapa file kecil dengan ukuran maksimal 5 MB, jadi kemungkinan akan ada 6 file kecil. Masuk dulu ke Terminal dan ketikkan perintah

split –bytes=5M filebesar.pdf filekecil

Perintah ini akan memberikan kita 6 file kecil dengan nama filekecilaa, filekecilab, filekecilac, filekecilad, filekecilae, dan filekecilaf; yang masing-masing berukuran maksimal 5 MB.

Nah, semudah itu memecah file di Ubuntu. Kalau mau menggabungkannya tinggal menggunakan perintah “cat” yang bisa dibaca di sini. Atau untuk lebih mudahnya tinggal masukkan perintah

cat filekecil** > filebaru

Maka akan muncul “filebaru” yang merupakan gabungan 6 file kecil tadi.

Memang untuk apa kita memecah file? Salah satunya adalah kalau file harus dikirim via surat elektronik, sementara biasanya penyedia email membatasi besarnya ukuran yang bisa diunggah.

Selamat mencoba.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.