Menyembunyikan ikon di desktop Ubuntu 11.10

Ada yang senang dengan ikon bertaburan di desktopnya, sementara saya lebih suka kalau desktop bersih dari ikon. Bagi para pengguna Ubuntu, sebenarnya sudah tahu triknya dengan menggunakan Ubuntu Tweak. Sayangnya untuk Ubuntu Tweak belum mendukung Ubuntu 11.10, baru ada versi alfa untuk Ubuntu Tweak 0.6.

Sambil menunggu versi stabilnya, saya ada trik mudah. Contohnya jika kita menginstall TweetDeck atau aplikasi berbasis Wine, maka pasti akan dimunculkan ikon di desktop kita. Masuk saja ke Nautilus lalu ke folder Dektop.

Rename nama ikon yang ada di sana dengan menambahakan karakter “.” di depannya. Contohnya: TweetDeck di-rename menjadi .TweetDeck. Setelah itu, restart Ubuntu 11.10 kita, dan dekstop kita akan bersih dari ikon-ikon aplikasi.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

2 thoughts on “Menyembunyikan ikon di desktop Ubuntu 11.10

    1. martianuswb Post author

      Wow, bisa sekali mbak. Tapi memang ada modem yang bisa langsung dikenali oleh Ubuntu, ada modem-modem yang perlu usaha 🙂 Bisa tanya ke mbah gugel untuk modem-modem yang ramah Ubuntu. Saya sendiri sudah hampir 3 tahun pakai Pantech PX-500 yang dulu keluaran Mobi Fren, dari dulu langsung dikenali oleh Ubuntu.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.