Terminal: manajemen dasar folder (bagian 1)

Banyak yang sudah paham tentang GUI (Graphic User Interface), nah Terminal itu sebenarnya adalah TUI (Text User Interface). Kalau Anda sempat mengenal DOS (Disc Operating System), maka Terminal dan perintah-perintahnya sudah tidak lagi asing.

Di Ubuntu 11.04, Terminal dapat dibuka langsung dengan kombinasi shortcut Ctrl + Alt + T. Tampilan pertama Terminal akan membawa kita masuk kepada Home Directory.

Jadi persis seperti membuka Nautilus yang juga langsung masuk ke direktori Home.

Tutorial Terminal yang saya tulis ini akan saya bahas secara berseri untuk mengenalkan Terminal kepada pengguna Ubuntu yang masih belum terbiasa dengan command text. Terminal adalah salah satu senjata bagi pengguna Ubuntu karena penggunaannya yang sebenarnya lebih praktis daripada GUI. Okay, langsung saja kita masuk ke beberapa perintah dasarnya ya.

1. Perintah man

Perintah “man” ini merupakan perintah untuk menunjukkan referensi manual dari command text lainnya. Jadi, semacam help menu. Misal kita ketikkan “man man“, maka akan muncul referensi untuk perintah man.

2. Perintah ls

Perintah ini digunakan untuk melihat isi direktori yang bersangkutan.

3. Perintah dir

Perintah ini sama dengan perintah ls, hanya saja membedakan penulisan folder jika digunakan spasi. Misal jika di direktori Home kita ada folder dengan nama Video Projects, maka dengan perintah ls hanya akan ditampilan Video Projects, sementara dengan perintah dir akan ditampilkan Video Projects.

4. Perintah cd

Merupakan singkatan dari Change Directory, digunakan untuk masuk ke direktori/folder tertentu. Misal di dalam direktori Home, ada folder Documents, untuk masuk ke sana ketikkan cd Documents. Jika ada folder yang diberi nama dengan spasi, misal Video Projects, ketikkan cd Video Projects.

5. Perintah cd ..

Perintah cd .. digunakan untuk kembali ke direktori induk di atasnya.

6. Perintah mkdir

Singkatan dari “Make Directory”, digunakan untuk membuat direktori/folder baru. Contoh: untuk membuat folder bernama Baru, ketikkan mkdir Baru.

7. Perintah rmdir

Merupakan singkatan dari “Remove Directory”, digunakan untuk menghapus suatu direktori/folder. Contoh: untuk menghapus folder Baru, ketikkan rmdir Baru.

Okay, sampai di sini dulu ya, saya lanjutkan lain waktu di tulisan tentang Terminal berikutnya.

Tulisan selanjutnya

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

3 thoughts on “Terminal: manajemen dasar folder (bagian 1)

  1. Pingback: Terminal: manajemen dasar file (bagian 2) | SINAU LINUX

  2. mas sutaryadi

    Thanks So much Mr. Ak br bbrp hari pake ubuntu. mohon bantuannya untuk lebih kenal ubuntu.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.