Ping: senjata di saat koneksi sedang “galau”

Yang sudah terbiasa dengan jaringan komputer pasti sangat mengenal “ping” ini. Sebenarnya sebuah perintah untuk menguji konektivitas antarkomputer di dalam jaringan. Bagi pengguna internet, sebenarnya ping juga bukan lagi sebuah senjata rahasia, sudah banyak yang tahu.

Perintah ping ini digunakan dengan tujuan utama memberikan kestabilan koneksi dengan internet. Beda lho dengan kecepatan koneksi. Karena beberapa hari ini koneksi smartfren yang saya pakai sepertinya sedang galau — katanya sih sedang ada peningkatan jaringan gitu — naik turun tidak stabil, akhirnya senjata “ping” ini dikeluarkan.

Kalau di Ubuntu sangat mudah menggunakan perintah ping ini. Tinggal masuk ke Terminal, lalu ketikkan perintah “ping <alamat tujuan>”. Alamat tujuan ini bisa terserah kita, tetapi biasanya disarankan melakukan ping ke google yang relatif stabil servernya. Bisa juga melakukan ping ke situs yang sedang kita buka. Contohnya kalau ping ke google, ya tinggal ketikkan

“ping google.co.id”

Jangan mengharapkan peningkatan kecepatan, tetapi kestabilan koneksi jelas terjaga, sehingga tidak mudah terputus di tengah jalan. Selamat mencoba.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.