Apa kata Alkitab tentang hati (bagian 2)

Tulisan sebelumnya (bagian 1)

Alkitab Perjanjian Baru ditulis dalam bahasa Yunani. Salah satu kata yang digunakan untuk menunjuk tentang hati adalah “kardia“. Kata ini juga digunakan dalama arti kiasan.

Ketika rasul Paulus menggunakan kata kardia dalam 2 Korintus 3:3, “Karena telah ternyata, bahwa kamu adalah surat Kristus, yang ditulis oleh pelayanan kami, ditulis bukan dengan tinta, tetapi dengan Roh dari Allah yang hidup, bukan pada loh-loh batu, melainkan pada loh-loh daging, yaitu di dalam hati manusia“, Paulus menggunakannya untuk pengertian pusat kehidupan.

Dalam beberapa hal, kardia digunakan dalam arti batin manusia yang utuh. Saat mengatakan hati sebagai pelaku iman, Alkitab mengacu kepada penyerahan seluruh pribadi seorang kepada Kristus; “Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan” (Roma 10:10).

Terang yang bercahaya dalam hati kita artinya dalam diri kita; “… Ia juga yang membuat terang-Nya bercahaya di dalam hati kita …” (2 Korintus 4:6). Roh sebagai jaminan dalam hati kita artinya jaminan dalam diri kita; “… memberikan Roh Kudus di dalam hati kita sebagai jaminan dari semua yang telah disediakan untuk kita” (2 Korintus 1:22). Dengan demikian kardia berarti seluruh pribadi manusia.

Selain itu, Alkitab juga menggunakan kata kardia sebagai tempat tumpuan perasaan (Roma 10:1; 2 Korintus 2:4) dan kehendak (1 Korintus 4:5). Hal ini sesungguhnya menunjukkan kepada kita bahwa hati atau kardia berarti manusia dalam segala keutuhannya.

Tulisan berikutnya (bagian 3)

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

2 thoughts on “Apa kata Alkitab tentang hati (bagian 2)

  1. Pingback: Martianus' Blog » Blog Archive » Apa kata Alkitab tentang hati (bagian 3-terakhir))

  2. Pingback: Apa kata Alkitab tentang hati (bagian 1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.