Apa kata Alkitab tentang hati (bagian 1)

Di dalam Alkitab, “hati” adalah kata yang paling sering dipakai untuk menunjuk kepada seseorang dan kehidupannya. Hampir semua proses rohani dalam kehidupan seorang Kristen dikaitkan dengan hati.

Alkitab menggunakan tiga kata yang kemudian diterjemahkan sebagai hati. Kata pertama akan kita pahami pada tulisan bagian ini, dua kata yang lain pada tulisan berikutnya. Kata-kata itu adalah:

  1. Lev
  2. Kardia
  3. Synidesis

Kata “lev” (bahasa Ibrani) digunakan di dalam Perjanjian Lama, yang secara harafiah adalah jantung. Kata ini juga sering dipakai unutk “isi perut” yang dianggap sebagi pusat emosi, misalnya di dalam Mazmur 38:11 “jantungku berdebar-debar, kekuatanku hilang, dan cahaya matakupun lenyap dari padaku” dan Mazmur 26:2, “Ujilah aku, ya TUHAN, dan cobalah aku; selidikilah batinku dan hatiku“.

Di dalam 1 Samuel 25:37-38, dinyatakan tentang jantung Nabal yang berhenti, dan dia menjadi seperti batu; tetapi masih hidup 10 hari lagi. Di sini jelas kata “lev” yang dipakai bukan menunjuk kepada organ jantung, melainkan emosinya. Namun dalam 2 Raja-raja 9:24, dituliskan panah Yehu menembus jantung (lev) Yoram, di sini berarti organ jantung yang sebenarnya.

Ketika nabi Yeremia berseru, “Aduh, dinding jantungku!” (Yeremia 4:19), ini bukanlah serangn jantung. Di sini “lev” terletak pada tingkat perasaan yang terdalam dan merekam tanggapan-tanggapan yang terdalam dalam kehidupan kita. Di hati (lev) terletak keingingan yang jauh lebih dalam dari keputusan-keputusan kehendak.

Dalam Perjanjian Lama, sebagian besar kasus fungsi-fungsi intelektual dan rasional dianggap berasal dari hati. Yang sekarang kita kenal sebagai fungsi pikiran. Jadi, dalam Perjanjian Lama, hati (lev) adalah pusat kehidupan seseorang; diri pribadi yang mempertimbangkan, menanggapi, dan mengambil keputusan.

Tulisan berikutnya (bagian 2)

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

1 thought on “Apa kata Alkitab tentang hati (bagian 1)

  1. Pingback: Martianus' Blog » Blog Archive » Apa kata Alkitab tentang hati (bagian 2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.