Terminal: perintah “man”

Perintah “man” adalah salah satu perintah yang sangat menolong dalam mengoperasikan sebuah perintah di Terminal. Dengan perintah “man” kita bisa melihat variasi perintah-perintah di balik layar yang bisa ratusan hingga ribuan jumlahnya.

Kita ambil contoh perintah “youtube-dl”. Perintah ini berfungsi untuk mengunduh video dari YouTube. Sudah pernah saya tuliskan di sini. Nah, kalau kita ketikkan perintah “man youtube-dl” di Terminal, kita akan menemukan banyak hal di sana.

man01

Misal kita ingin melihat format apa saja yang tersedia untuk satu video di YouTube, tinggal ketikkan perintah “youtube-dl -F” diikuti dengan alamat video tadi. Maka akan terlihat format apa saja untuk video itu yang bisa diunduh.

man02

man03

Kalau kita ingin mengunduh video tersebut, misalkan dalam format *.fvl tinggal masukkan perintah “youtube-dl -f 5” diikuti dengan alamat video tersebut.

man04

Begini, bagi veteran Linux, menggunakan text command di Terminal jauh lebih mudah dan lebih cepat daripada menggunakan graphic user interface (GUI). Karena begitu banyaknya perintah dan variasinya, maka perintah “man” ini menjadi senjatanya. Bagi yang belum terbiasa dengan Terminal, silakan dicoba saja, asyik kok.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.