Prolink WN2201 wireless mini USB adapter di Ubuntu

Dua bulan yang lalu dihubungi oleh pihak Telkom kalau rumah kami dapat gratis pemasangan modem wifi, sekaligus pemakaian gratis internet speedy selama 1 bulan. Langsung saja saya iyakan. Keesokan harinya petugas dari Telkom datang dan langsung memasang modem sekaligus setting internetnya. Tidak sampai 10 menit semua urusan kelar.

Setelah mencoba kualitas Speedy selama satu bulan, akhirnya kami putuskan melanjutkan berlangganan Speedy. Ada empat laptop di rumah yang sudah bisa akses via wifi, masalahnya masih ada satu PC yang tidak punya WLAN Card. Akhirnya kemarin saya putuskan beli Wifi USB adapter.

Sampai di toko komputer langganan saya rupanya cuma tinggal satu jenis saja, yaitu merek Prolink WN2201 yang bisa mendukung hingga transfer data 300 Mbps. Karena mas-masnya di sana tahu saya pengguna Linux, si pemilik toko bilang kalau di rumah rupanya tidak support Linux, bisa dikembalikan saja.

Sampai di rumah, langsung saja si WN2201 ini saya tancapkan ke PC Ubuntu 12.04 … trada … langsung mendeteksi adanya internet wifi dari modem Speedy, saya koneksikan dan berjalan dengan baik, tanpa perlu install driver atau aplikasi lainnya. Lumayan buat jaga-jaga kalau kuota modem Tri saya habis di malam hari dan tidak sempat beli pulsa 🙂

Prolink WN2201 ini bisa jadi pilihan wifi usb adapter bagi para Linuxer, khususnya Ubuntu yang sudah saya coba.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

2 thoughts on “Prolink WN2201 wireless mini USB adapter di Ubuntu

  1. thufail

    ini sudah terdeteksi, tapi kok masih tidak bisa nyala ? cara menyalakannya bagaimana ya ?

    Reply
    1. martianuswb Post author

      Maaf, saya belum paham maksud pertanyaannya? Apakah wifi sudah terdeteksi? Bisakah dikoneksikan? Menggunakan sistem operasi apa ya?

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.