Beli Xiaomi Redmi 2 lewat flash sale

Ceritanya sih tergoda juga dengan smartphone produksi Tiongkok ini. Menunggu tanpa kepastian Ubuntu Phone hadir di Indonesia, akhirnya disamber juga kesempatan yang ini. Sebenarnya Xperia mini pro masih bisa digunakan, cuma karena terlalu sering berganti custom rom, sepertinya mulai memberikan dampaknya, mulai batuk-batuk dia. Beberapa titik di layar mulai tidak responsif. Nah, kebetulan Xiaomi meluncurkan Redmi 2 di Indonesia, waktu itu rilis pertama dan hanya dijual flash sale lewat Lazada. Akhirnya ikut coba-coba membeli ini.

Sebelumnya cari-cari informasi dulu bagaimana supaya bisa sukses mendapatkan Redmi 2 di flash sale, karena hanya ada 40 ribu unit dan dengar-dengar sudah diincar oleh penggemarnya yang cukup fanatik di Indonesia. Setelah dapat informasi, buat akun di Lazada, dan siap-siap. Eh, ternyata flash sale itu tanggal 8 April mulai jam 11.00, waduh jam kerja dong, musti cari akal. Karena saya cukup tahu pasti jendela penjualan tidak akan lebih dari 1 jam. Tebakan saya benar, 40 ribu unit habis kurang dari satu jam.

Tidak lucu toh, kalau pakai koneksi internet kantor untuk kepentingan pribadi. Akhirnya laptop sendiri disiapkan di ruang terpisah lengkap dengan mini WiFi.

mini WiFi + modem

mini WiFi + modem

Lhah kok di hari itu juga banyak kerjaan. Yah, bolak-balik antara dua ruangan, untung saja tidak ada yang bertanya-tanya, biasanya juga lebih sering tidak diam di satu ruangan 🙂 Begitu flash sale dibuka, langsung memesan, tapi begitu sampai di fase terakhir konfirmasi pembayaran, tetap saja gagal sampai tiga kali. Nah, baru di menit 11 atau 13 si Redmi 2 berhasil diamankan.

Begitu transfer pembayaran selesai, Lazada langsung memberikan konfirmasi lewat sms dan email. Setelah itu setiap kali ada perubahan fase pemesanan Lazada selalu memberikan pemberitahuan. Misalnya saat barang sudah di gudang, barang dalam pengiriman, sampai barang sudah sampai di rumah diterima orang di rumah. Waktu barang datang saya sedang tidak di rumah. O’ya, kebetulan dapat pengiriman lewat LEX. Ini ekspedisi milik Lazada sendiri, dan sepertinya memang agak lambat dibadingkan misalnya JNE yang punya YES. Butuh waktu total satu minggu sampai barang di tangan.

Lazada - informasi pesanan

Lazada – informasi pesanan

Bukannya itu smarphone ini dijual juga di toko-toko lainnya setelah flash sale? Memang benar, bahkan harganya juga lebih murah. Cuma pengalaman ikut flash sale itu lho yang asyik — ngeri-ngeri sedap. Lagian, beli secara flash sale ini semacam membeli buta, karena kita tidak tahu kualitas barangnya. Tetapi, saya cukup beruntung dapat barang yang cakep.

Semua smartphone produk Xiaomi menggunakan rom MIUI. Meskipun sama-sama Android tetapi cukup membuat gagap juga. Apakah recommended? Yah, tergantung kebutuhan kita saja. Dengan harga dan spesifikasi segitu, layaklah. Kalau bagi saya sih sangat mencukupi bahkan tidak di-root sekalipun. Bugs? Lhoh, saya kan sering bilang bugs itu mencerdaskan dan bugs itu salah satu fitur utama sistem operasi berbasis Linux 🙂 Tapi, sepanjang dua minggu pemakaian ini tidak ada bugs yang mengganggu.

Spesifikasinya?

  • Quad Core 1,2 GHz
  • Snapdragon 410
  • RAM 1 GB, Internal 8 GB
  • Camera 5 MP dan 2 MP
  • Dual SIM mendukung LTE

Meski jarang bermain game, saya coba pasang Asphalt 8 dan Dead Trigger 2, dan berjalan mulus. Kata kawan-kawan di forum, dengan pemakaian aktif, baterai bisa bertahan 1,5 hari. Kalau saya yang pakai bisa hampir 3 hari sih. Fitur yang menurut saya paling menarik adalah One Handed. Fitur ini bisa mengecilkan layar jadi berukuran 3,5″ atau 4″, jadi bisa dioperasikan dengan satu tangan. Selama ini memegang Xperia mini pro, tentu saja ini fitur sangat nyaman.

Fitur One Handed

Fitur One Handed

Redmi 2 yang saya pegang belum di-root, dan sepertinya belum akan di-root untuk waktu yang lama, karena sudah mencukupi kebutuhan saya. Sistem update OTA dari MIUI juga berjalan dengan mulus. Kalau masih ada ganjalan di Redmi 2 ini adalah SD Card Eksternal belum terbaca di Ubuntu 14.04 32 bit, musti ngakali kalau mau transfer data. Belum ketemu bagaimana supaya MTP bisa aktif. O’ya, MIUI ini tidak open source sepenuhnya, sampai sekarang mereka tidak mau membuka kode kernelnya. Yah, jadi sedikit agak susah kalau mau ngoprek sebebas-bebasnya.

Layar Redmi 2 ini dilindungi Dragontail, kuat terhadap gesekan dan benturan, tetapi sangat lemah terhadap kristal pasir. Makanya saya pasang tempered glass, sekalian ganti back case, dan dapat bonus mini stylus.

Redmi 2 + tempered glass, ganti back case, dan mini stylus

Redmi 2 + tempered glass, ganti back case, dan mini stylus

Nah, sementara Xperia mini pro diistirahatkan dulu, masukkan kardus, untuk cadangan. Jelas tidak akan dijual, banyak kisah di Xperia itu 🙂

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

1 thought on “Beli Xiaomi Redmi 2 lewat flash sale

  1. Pingback: Berjalan bersama Mi Band - Celathuné Martianus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.