Ketika Alkitab berbicara tentang hukum III Newton

Yang sudah pernah belajar kinematika gerak pasti tahu ketiga hukum Netwon. Hukum III Newton kira-kira mengatakan demikian:

Untuk setiap aksi selalu ada reaksi dengan besar yang sama dan arah yang berlawanan.

Jika kita melakukan gaya terhadap sebuah titik benda, maka benda tersebut akan memberikan reaksi dengan besar gaya yang sama dan arah yang berlawanan.

Hukum III Newton (Sumber http://gateplanet.com)

Hukum III Newton (Sumber http://gateplanet.com)

Jika orang di atas meloncat ke belakang — sebagai aksi — maka perahu akan memberikan reaksi dengan meluncur ke depan. Kalau TARS dalam Interstellar memfarafrasekan hukum III Newton ini dengan kalimat: “To move forward, we have to leave something behind.”

Newton mengemukakan hukum geraknya pada tahun 1686, tetapi bukankah sekitar tahun 65 Masehi, penulis kitab Ibrani sudah menangkap prinsip yang sama?

Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita.[1]

Penulis kitab Ibrani tahu persis hukum III Newton ini, jika kita tidak melepaskan semua beban, kita tidak bisa berlari kepada hadiah surgawi itu. Bukankah Paulus juga menyatakan hal ini?

No, dear brothers and sister, I have not achieved it, but I focus on this one thing: Forgetting the past and looking forward to what lies ahead, I press on to reach the end of the race and receive the heavenly prize for which God, through Christ Jesus, is calling us.[2]

Apa sih beban yang harus ditanggalkan? Hal apa yang membuat kita tertahan untuk mendapatkan hadiah surgawi itu? Masih ingat pemuda kaya yang ingin sempurna, ingin mendapatkan hidup kekal? Apa yang kurang dari dirinya?[3] Tidak cukupkah kita belajar dari orang muda ini?

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

  1. [1]Ibrani 12:1
  2. [2]Philippians 3:13-14
  3. [3]Matius 19:20-22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.