Cek kondisi baterai laptop dengan Ubuntu

Laptop yang saya pakai ini sudah menemani sejak tahun 2008, jadi sudah 4 tahun bekerja sama. Setiap hari pasti aktif, juga pasti tersambung dengan modem. Maka bisa ditebak bahwa baterai laptop ini sudah sangat menurun kapasitasnya.

Menurut beberapa tulisan ilmiah yang saya baca, adalah normal kalau baterai laptop pasti akan sampai di satu waktu di mana mengalami ngedrop. Maka, sebenarnya kita tidak perlu menguatirkan kalau sudah waktunya ganti baterai. baterai laptop modern itu bisa bertahan hingga 500-1000 putaran charge dan discharge. Kalau dalam hitungan waktu manusia, baterai laptop akan berada dalam kondisi optimalnya hingga 2 tahun. Setelah itu pasti akan menurun.

Kalau mau tahu bagaimana supaya baterai laptop lebih awet silakan googling saja, ada banyak info di sana. Baik yang benar, maupun yang kontroversial.

Nah, kalau digunakan untuk pemakaian normal, baterai laptop saya sekarang hanya mampu bertahan 20-30 menit saja. Kalau disambungkan dengan modem misalnya, akan berkurang hingga 10-15 menit saja. Saya iseng-iseng bertanya, sebenarnya adakah cara untuk mengetahui kapasitas baterai laptop saya. Akhirnya ketemu juga, ada cara kalau menggunakan Ubuntu.

Pertama-tama, masuk ke Terminal (Ctrl + Alt + T), kemudian ketikkan perintah

cd /proc/acpi/battery

Ini perintah untuk masuk ke folder proc/acpi/battery. Kemudian ketikkan perintah

ls

untuk mengetahui file/folder di dalam folder proc/acpi/battery, di laptop saya ditemukan folder “BAT0”. Ketikkan perintah

cd BAT0

Perintah ini membawa kita ke folder proc/acpi/battery/BAT0. Kemudian ketikkan perintah

cat info

Maka saya dapatkan informasi tentang baterai laptop saya. Bisa dilihat bahwa kapasita mula-mula baterai laptop saya adalah 4400 mAh, sementara kondisi sekarang 445 mAh. Arrtinya baterai laptop saya sekarang hanya berkemampuan 10% dari semula.

Maka wajar, kalau dulu waktu pertama baterai bisa bertahan 150-180 menit, maka normalnya sekarang cuma bisa 10-18 menit kan. Nah, silakan dicoba dengan laptop Anda sendiri.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.