The Pilgrim’s Progress: Obstinate dan Pliable

Dikisahkan Christian sudah meninggalkan kota asalnya, City of Destruction. Kemudian dua orang tetangganya, yang bernama Obstinate [1] dan Pliable[2] mengejar Christian dengan maksud membujuknya untuk kembali.

Sampai akhirnya kedua orang ini berhasil mengejar Christian dan terjadilah percakapan antara Obstinate, Pliable, dan Christian. Intinya Obstinate dan Pliable mendesak Christian untuk pulang ke City of Destruction. Sementara Christian tetap teguh dengan keputusannya untuk meninggalkan City of Destruction yang akan ditimpa api dari langit, sembari menjelaskan alasan-alasannya. Percakapan mereka sangat menarik, karena itu saya merekomendasikan Anda untuk bisa membaca buku ini.

Obstinate sempat bertanya kepada Christian, “Sebenarnya apa yang engkau cari, sehingga meninggalkan semuanya?”

“Aku mencari bagian yang tidak dapat binasa, yang tidak dapat cemar dan yang tidak dapat layu [3], suatu tanah air surgawi[4], jawab Christian.

Hingga akhirnya malahan Pliable terbujuk untuk ikut dalam perjalanan bersama dengan Christian, sementara Obstinate kembali ke City of Destruction. Percakapan berlanjut saat Christian menjawab pertanyaan Pliable segala sesuatu tentang tanah air surgawi itu, ada apa di sana, siapa saja yang ada di sana, siapa pemimpin di sana. Yakin, Anda harus membaca buku ini.

Bab ini ditutup dengan berjalannya dua orang ini bersama-sama.

Pliable berkata, “Kalau begitu, Christian, ayo kita mempercepat langkah!”.

Christian menjawab, “Aku tidak bisa saudaraku, karena beban berat yang kutanggung ini”.

*************

Silakan baca Ibrani 11:15-16, Christian punya kesempatan kembali ke tanah asalnya, tetapi dia mengarahkan pandangannya kepada tanah air surgawi, sebuah kota yang dipersiapkan oleh Allah sendiri. Kemanakah mata kita melihat setiap hari, kepada dunia ini dengan segala kemulianya, ataukah kepada “kota yang mempunyai dasar, yang direncanakan dan dibangun oleh Allah” (Ibrani 11:10)?

Sebelumnya | Selanjutnya

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

  1. [1]keras kepala; bandel; kepala batu
  2. [2]plin-plan; gampang berubah
  3. [3]1 Petrus 1:4
  4. [4]Ibrani 11:16

2 thoughts on “The Pilgrim’s Progress: Obstinate dan Pliable

  1. Pingback: The Pilgrim’s Progress: pergumulan Christian

  2. Pingback: The Pilgrim’s Progress: The Slough of Despond

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.