Sharpbuntu Smart TV

      1 Comment on Sharpbuntu Smart TV

Tidak pas juga sebenarnya disebut SmartTV, lha wong ini sebenarnya cuma akal-akalan saya saja memanfaatkan peralatan yang ada.

Ceritanya, di rumah itu ada TV Sharp yang sebenarnya cukup terbilang seri terbaru, tetapi hanya bisa untuk TV, tidak bisa untuk multimedia. Ada sih lubang USB tetapi cuma bisa untuk service saja, tidak bisa untuk memainkan multimedia lainnya. Maklum, itu yang beli kakeknya Prisha, yang penting besar ukurannya, padahal cukup mahal lho harganya. Rencana awal sih beli semacam DVD Player begitu yang mendukung USB Flash Disk, karena Prisha suka lihat video lagu-lagu.

Tapi ternyata ada kejadian. Laptop e-Machines D720 yang menemani saya sejak 2008 akhirnya menyerah engselnya. Memang sih engselnya sudah patah tiga kali. Dua kali bisa diakali dengan penggaris mika dan alteco, yang ketiga ini sudah parah. Susah juga cari onderdil laptop tua semacam itu. Akhirnya setelah beli laptop baru, niat mau menjual itu laptop.

Tapi setelah dipikir-pikir, dijual pun harganya murah banget. Lalu ada beberapa ide muncul. Salah satunya diambil hard disk-nya untuk dibuat hard disk ekternal, atau bisa juga dibuat semacam mini server. Akhirnya diputuskan membuatnya jadi semacam SmartTV, menghubungkan laptop dengan TV Sharp tadi. Kalau pengin jadi SmartTV beneran, cukup tethering dengan android, sudah bisa buka Youtube.

Nah, masalahnya adalah karena ini laptop tua, koneksinya masih VGA, sementara TV Sharp sudah HDMI. Akhirnya cari-cari konverter VGA ke HDMI. Bukan kabel VGA ke HDMI lho, pastinya tidak bakalan bisa. Jadi konverter ini punya konektor VGA yang ke laptop dan konektor HDMI yang ke televisi. Tinggal hubungkan kabel, selesai deh. Prisha sekarang bisa lihat Youtube di layar besar televisi. Dan bapaknya Prisha bisa lihat film-film seri kesukaannya šŸ™‚

Sharpbuntu SmartTV

Sharpbuntu SmartTV

Televisi Sharp dan laptop Ubuntu, maka namanya jadi Sharpbuntu SmartTV. Modalnya? Untuk tambahan konverter dan kabel-kabelnya saya mengeluarkan uang tidak lebih dari 300 ribu. Mau Youtube, streaming TV, dan yang lainnya, selama ada koneksi internet, jalan saja,

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

1 thought on “Sharpbuntu Smart TV

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.