Seberapa ringan #BlankOn Linux

Akhir bulan Agustus kemarin ada pengalaman memasang BlankOn di SDN Sibela Timur Surakarta. Di ruang komputernya ada sekitar 12 komputer dengan spesifikasi “jadul”. Berdasarkan informasi ada yang Pentium IV dan ada yang Pentium III, dengan memori di bawah 256 MB.

Kalau dilihat di website BlankOn, spesifikasi minimum untuk menjalankan BlankOn adalah:

  • Prosesor 600MHz
  • RAM 256 MB
  • Hard disk 6 GB

Yah, dengan modal nekat akhirnya saya putuskan memasang BlankOn. Meskipun saya sendiri lebih banyak menggunakan Ubuntu, tapi kalau sedang memprovokasi Linux, saya selalu mempromosikan BlankOn. Setelah cek kondisi hardware, hanya ada 8 komputer dengan kondisi sehat dan bisa difungsikan.

Masalah langsung muncul. Karena komputer jadul, maka tidak ada CD-ROM, tidak bisa booting dari USB. Terus bagaimana memblankoni komputer seperti ini? Saya bongkar harddisk-nya, saya bawa pulang, install dengan komputer di rumah satu persatu 🙂 Karena kesibukan, total butuh 2 minggu untuk bisa selesai semua.

Sampai hari ini semua komputer berjalan dengan baik. Tadi saya iseng-iseng memfoto spesifikasi komputer itu — karena kalau diambil via screenshot, tidak bisa dipindah via USB 🙂 — dan terkaget-kaget karena menemukan hal di bawah ini.

Ternyata BlankOn bisa berjalan di konfigurasi komputer yang sangat-sangat rendah di bawah spesifikasi yang disarankan. Dengan prosesor Pentium III (Katmai) 400 MHz dan memori 180-an MB, masih bisa jalan dengan lancar. O’ya, yang saya pasang BlankOn 7 Pattimura. Sebuah bukti bahwa BlankOn sangatlah ringan.

Kalau ada yang tanya, mengapa tidak pakai BlankOn 8 Rote, karena saya sangat benci BlankOn 8. Lain waktu saya tulis mengapa saya benci BlankOn 8.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.