Membuat Live-USB BlankOn 7 dengan UNetbootin

Yang belum tahu apa itu Live-USB, secara sederhana ini adalah sebuah sistem operasi di dalam flash disk Anda yang bisa dibawa kemana-mana. Tinggal tancapkan Live USB di komputer manapun dan Anda sudah bisa menggunakan sistem operasi Linux, tanpa diinstal terlebih dahulu. Jika selanjutnya ingin menginstalnya, maka juga bisa dilakukan melalui Live-USB itu.

Ubuntu menyediakan aplikasi untuk membuat Live-USB ini yang bernama Startup Disk Creator. Saya pernah menulis tentang hal ini, silakan diklik di sini. Nah, kasusnya kemarin adalah ada satu laboratorium komputer yang minta dipasangkan Linux yang gampang dimengerti. Saya putuskan untuk menginstalkan BlankOn 7 Pattimura, dengan alasan utama antar mukanya yang berbahasa Indonesia.

Karena beberapa waktu lalu saya sudah mengunduh ISO BlankOn 7, dengan lugunya saya gunakan Startup Disk Creator di Ubuntu 11.04 untuk membuat Live-USB. Hasilnya adalah, komputer bisa masuk tampilan pertama Live-USB BlankOn, tetapi tidak mau masuk ke BlankOn ataupun untuk menginstalnya.

Tidak mau menyerah, saya bakar file ISO BlankOn 7 tadi untuk membuat Live-CD. Hasilnya? Juga sama persis dengan yang pertama. He … he … he 🙂 Rupanya Startup Disk Creator itu cuma bisa digunakan untuk membuat Live-USB khusus Ubuntu. Kalau kegagalan membakar Live-CD, saya sampai sekarang belum tahu apa penyebabnya.

Akhirnya pilihan terakhir jatuh kepada UNetbootin, aplikasi khusus untuk membuat Live-USB Linux, distro apapun, asal punya file ISO-nya.

Langsung saja, karena belum pernah menginstal UNetbootin, saya lari ke Ubuntu Software Center dan memasang UNetbooting di komputer Ubuntu 11.04 yang saya punya.

Setelah itu, jalankan UNetbootin

Pilih pada bagian Diskimage, pilih ISO lalu cari lokasi file ISO. Pada bagian Type, pilih USB Drive. Klik OK, lalu tunggu saja sampai proses pembuatan Live-USB selesai. O’ya, saya gunakan flashdisk ukuran 4 GB, meskipun sebenarnya cuma butuh sekitar 700 MB saja.

Gampang kan! Akhirnya satu lagi laboratorium komputer sudah bisa terinstall Linux BlankOn 7 Pattimura. Mission accomplished 😀

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

12 thoughts on “Membuat Live-USB BlankOn 7 dengan UNetbootin

    1. martianuswb Post author

      Di bagian select distribution tidak perlu dipilih, langsung dipilih yang bagian DiskImage saja

      Reply
  1. hendro

    tapi kalau pake UNetbootin livecd tidak bisa untuk pasang aplikasi baru sedangkan tehnologi usb kan mendukung mode write sama seperti hardisk, punya solusi lain???

    Reply
    1. martianuswb Post author

      Aplikasi lain bisa dilihat di http://pendrivelinux.com/
      Khusus di Ubuntu, kalau menggunakan Startup Disk Creator, USB flash disk masih bisa ditulisi, meskipun sudah ada Live-Ubuntu di dalamnya.

      Reply
  2. Pingback: Bermanja ria dengan Ubuntu « Technogetz

  3. Alex©

    Nah, ini nih yang awak cari. Hehe. Sudah pening juga macam mana mau install di netbook adik sepupu. Tengkiu, Bro! 😀

    Reply
    1. martianuswb Post author

      Noted, terima kasih informasinya mas. Silakan teman-teman langsung meluncur ke TKP.

      Reply
  4. Pingback: Menyandingkan BlankOn dengan Ubuntu | SINAU LINUX

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.