Peringatan partial upgrade di BlankOn 7 Pattimura

Kasus ini saya alami di BlankOn 7 Pattimura. Saat melalukan pemutakhiran paket melalui Pengaturan > Administrasi > Manajer Pemutakhiran, muncul peringatan kalau “Tidak semua pemutakhiran dapat dipasang”, dan disarankan untuk melakukan partial upgrade (lihat screenshot). Kalau dilakukan partial upgrade (Peningkatan Versi Sebagian) akan ada pesan error lagi.

Rasanya saya menemukan sumber masalahnya, yaitu pada daftar repsoitori. Kalau di laptop saya, hal di atas terjadi karena saya menambahkan repository Ubuntu 11.04 ke dalam repository BlankOn 7. Saya menambahkan repository Ubuntu ke BlankOn karena ada beberapa aplikasi yang saya perlukan tidak ada di dalam lumbung BlankOn, dan ada di repository Ubuntu. Kalau tidak mau terjadi masalah di atas, pastikan daftar repository kita hanya terisi punya BlankOn 7. Repository BlankOn 7 isinya:

## Repositori utama untuk BlankOn Linux

deb http://arsip.blankonlinux.or.id/blankon-legacy pattimura main restricted

deb-src http://arsip.blankonlinux.or.id/blankon-legacy pattimura main restricted

## Repositori security update untuk BlankOn Linux

deb http://arsip.blankonlinux.or.id/blankon-legacy pattimura-security main restricted

deb-src http://arsip.blankonlinux.or.id/blankon-legacy pattimura-security main restricted

## Repositori update untuk BlankOn Linux

deb http://arsip.blankonlinux.or.id/blankon-legacy pattimura-updates main restricted

deb-src http://arsip.blankonlinux.or.id/blankon-legacy pattimura-updates main restricted

Bagaimana cara mengedit repository BlankOn 7? Cukup masuk ke Terminal dan ketikkan “sudo gedit /etc/apt/sources.list

Nah, kalau kita ingin tetap menggunakan repository tambahan dari distro lain di BlankOn 7, tetapi tidak mau melihat peringatan partial upgrade seperti di atas, jangan melakukan update dan upgrade melalui Manajer Pemutakhiran, lakukan melalui Terminal saja dengan perintah:

sudo apt-get update

sudo apt-get upgrade

Apakah kasus yang sama masih juga terjadi di BlankOn 8 Rote? Tidak tahu juga, soalnya seperti yang pernah saya tulis sebelumnya, saya benci BlankOn 8 Rote. Yah … ini masalah klasik seorang end-user seperti saya, kalau ketemu bugs atau gangguan, bisanya cuma teriak-teriak dan tidak bisa memberikan solusi 🙂

Ketidaksukaan saya kepada BlankOn Rote terutama disebabkan impresi pertama yang ditimbulkan oleh BlankOn 8. Contohnya, waktu instalasi BlankOn 8, tidak ada pilihan advance untuk menentukan partisi. Saya tahu ini sangat mempermudah pengguna baru Linux. Tapi bagi saya, tidak ada kebebasan itu tidak asyik 🙂

Impresi berikutnya adalah Rote tidak bisa langsung mengaktifkan wifi di laptop saya, sementara Pattimura otomatis langsung mendeteksi. Belum lagi latar desktop yang tiba-tiba menjadi abu-abu, dengan mousepad yang tidak bisa diklik. Kalupun sudah dibenarkan dan disetting ulang, tetap saja belum ketemu solusi permanen. Compiz tidak berfungsi di Rote, di Pattimura otomatis berjalan dengan baik.

Maka dengan kestabilan BlankOn 7 Pattimura, pilihan saya sementara ini tetap menyandingkan Ubuntu 12.04 dengan BlankOn 7. Mungkin menunggu BlankOn 9 Suroboyo, atau sambil memantau forum dan tiket BlankOn :), serta memberikan semangat kepada tim dev BlankOn.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.