Membuat daftar isi di blog WordPress.org

Sebenarnya ada dua macam blog berbasis WordPress, yang pertama adalah blog dengan nama contohblog.wordpress.com dan kedua, blog dengan hosting sendiri tetapi menggunakan CMS WordPress, biasa dikenal dengan WordPress.org.

Untuk membuat daftar isi pada WordPress.com cukup mudah, tinggal buat Page baru dan diisikan

. Nah, untuk blog WordPress.org, cara seperti ini tidak bisa berjalan. Salah satu cara mudah adalah dengan menggunakan plugin yang sudah tersedia di WordPress.org. Kali ini saya gunakan plugin Sort Table Post. Nah, yang punya blog hosting sendiri dengan CMS WordPress, ini bisa digunakan.

Pertama-tama, masuk dulu ke Dashboard > Plugins > Add New. Pada bagian Search, ketikkan sort table post, lalu klik Search Plugins.

Setelah ketemu plugins Sort Table Post, tinggal dipasang saja.

Masukkan Hostname, FTP Username, dan FTP Password, kemudian klik Proceed.

Lanjutkan dengan mengaktifkan plugin Sort Table Post.

Setelah itu kembali ke Dashboard > Page > Add New. Di sini kita buat sebuah halaman baru dengan judul Daftar Isi. Di bagian isi halamannya, ketikkan sorttablepost di dalam tanda [ ], kemudian Publish.

Log Out dari Dashboard, kemudian masuk ke blog dan akan ada halaman baru berjudul Daftar Isi.

Di header tabel Daftar Isi, ada Title, Date, Categories, Tags. Jadi Daftar Isi bisa diurutkan berdasarkan judulnya ataupun tanggal pembuatannya.

Mudah kan, selamat mencoba.

 

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.