WordPress 3.2 sudah dirilis

WordPress versi terbaru sudah dirilis tanggal 4 Juli 2011 kemarin. WordPress 3.2 ini menggunakan kode nama “Gerswin”. Perubahan yang paling menonjol terletak di tampilan Dashboard. Selain tentu saja kecepatannya yang lebih ditingkatkan dari versi sebelumnya. Fitur keamanan juga sudah diperbaiki, termasuk juga perbaikan bug-bug sebelumnya.

Pada halaman Dashboard, sekarang ada tambahan tombol Collapse menu di bagian bawah.

Jika tombol Collapse menu ini diklik, maka Menu akan menyusut menjadi hanya ikon-ikonnya saja.

Penambahan yang unik adalah adanya fungsi fullscreen mode di Add new post. Yaitu di tempat kita biasanya menuliskan postingan/artikel.

Jika ikon ini diklik, maka jendela akan berubah ke mode full-screen.

Dengan adanya update-update penting, maka browser-browser versi lama seperti IE 6 sudah tidak lagi disupport. Sementara untuk menggunakan WordPress 3.2 ini server Anda minimal harus menggunakan PHP 5.2.4 dan MySQL 5.0.

Waktu saya mencoba update otomatis, blog saya tidak merespon. Lalu saya menghubungi pihak IDWebHost, tempat domain dan hosting saya, untuk menanyakan hal ini. Dengan pelayanan yang ramah dan cepat, mereka menawarkan untuk mengupdate dari server di sana, dan dengan sekejap langsung terupgrade ke WordPress 3.2.

Karena tergolong masih baru, beberapa plugin dan theme mungkin akan mengalami masalah kompatibilitas dengan WordPress 3.2 ini. Kalau Anda terbiasa dengan pengkodean PHP, bisa diselesaikan sendiri, atau bisa juga menunggu update plugin dan theme yang terbaru.

Yang selama ini punya blog di WordPress, baik gratisan maupun berbayar, silakan dinikmati versi terbaru ini.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.