Gangguan pada Unity Ubuntu 11.10

Setelah hampir tiga bulan menggunakan Ubuntu 11.10, akhirnya saya menyadari bahwa kadang ada gangguan di Dock Unity pada desktop saya. Hanya pada PC desktop, tetapi tidak di Laptop saya. Analisa saya hal ini dikarenakan saya menggunakan ATI Radeon di PC dekstop.

Gangguannya semacam ini. Kadangkala dock Unity tidak mau tampil saat mouse diarahkan ke sebelah kiri layar, pada saat sudah ada aplikasi yang terbuka. Hal ini menjadi mengganggu kalau saya ingin membuka aplikasi lain. Jika ditekan keyboard Super, untuk membuka Dash, Lens Unity tersembunyi di belakang jendela aplikasi yang sudah terbuka.

Saya coba beberapa setting dengan Ubuntu-Tweak dan juga dengan Compiz Manager, tetapi tetap gagal. Yang lebih membuat frustasi adalah gangguan ini sangat jarang terjadi dan hanya kadang-kadang saja.

Nah, akhirnya saya gunakan Ctrl + Alt + D. Fungsi kombinasi keyboard ini adalah me-minimize-kan semua aplikasi yang sudah terbuka, sehingga Dock Unity bisa tampil, dan Dash bisa digunakan dengan baik. Problem fixed 🙂

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

4 thoughts on “Gangguan pada Unity Ubuntu 11.10

  1. didik

    Sepertinya bukan gara-gara ATI nya mas, saya pake chipset intel juga gitu kok. mungkin bug dari unity nya, sering-sering update saja. Toh akhirnya saya pindah ke gnome shell hehe,,

    Reply
    1. martianuswb Post author

      Laptop saya pakai chipset intel malah tidak bermasalah. Yah, nunggu update dari Ubuntu saja 🙂

      Reply
  2. Abii Eka

    Kalau saya, masuk lingkungan Gnome malah ga’ada tampilan apa2 cuma wallpaper aja…terpaksa logout ctrl+alt+Del masuk kelingkungan gnome classic,normal semua….kenapa ya mas compi saya ga bisa masuk ke tampilan Gnome…?

    Reply
    1. martianuswb Post author

      He…he…he. Sama mas, desktop dan laptop saya juga begitu, saya belum temukan solusinya. Masih setia pakai Unity 🙂

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.