“Dalam nama Yesus” bukan mantra

Kapan itu dilapori anak-anak habis dimarahi dosen karena waktu salah satu dari mereka pimpin doa dan ditutup tanpa frase “dalam nama Tuhan Yesus”, langsung amin begitu. Yah … senyum-senyum saja sih menanggapi mereka. Senang juga kalau mereka mulai kritis. Menurut pendapat anak-anak ini, tidak ada keharusan mengakhiri doa dengan pernyataan “dalam nama Tuhan Yesus”. Mereka berpendapat bahwa tidak ada mantra di dalam sebuah doa, termasuk frase “dalam nama Tuhan Yesus”.

Nah, beberapa tahun “meracuni” mereka ada juga buahnya 🙂 Saya setuju pendapat mereka bahwa “dalam nama Tuhan Yesus” itu bukanlah sebuah mantra. Tetapi, kalau mau jujur banyak orang Kristen yang tanpa sadar menganggapnya demikian. Masalahnya, kita seringkali ditunjukkan oleh ayat-ayat semacam ini:

dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya.”[1]

Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya.”[2]

… supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.[3]

… Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku. Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatupun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu.[4]

Berarti memang ada dasarnya mengakhiri doa dengan frase “dalam nama Tuhan Yesus”? Tunggu dulu to, perhatikan baik-baik ayat-ayat di atas. Saya belum akan membahas lebih dalam kali ini, tetapi sekali lagi baca baik-baik. Ayat-ayat di atas itu menuliskan tentang “meminta dalam nama Tuhan Yesus” bukan mengakhiri doa dalam nama Tuhan Yesus.

Nah, apa itu sebenarnya meminta dalam nama Tuhan Yesus? Tentu saja tidak sesederhana mengakhiri doa dengan frase “dalam nama Tuhan Yesus”. Tulisan saya berikutnya akan mencakup apa yang saya pernah khotbahkan tentang pengertian meminta dalam nama Tuhan Yesus.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

  1. [1]Yohanes 14:13-14
  2. [2]Yohanes 14:14
  3. [3]Yohanes 15:16
  4. [4]Yohanes 16:23-24

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.