Doa berkat yang menggetarkan

Christmas ornamenTadi baru selesai berkhotbah di salah satu gereja. Setiap kali saya berkhotbah — di manapun — selalu ada berkat rohani yang khas dari masing-masing tempat itu. Seperti itu juga dari gereja ini, ada berkat rohani yang menurut saya begitu menggetarkan sepanjang pengalaman saya berkhotbah di banyak tempat.

Tahu kan doa berkat, itu lho doa berkat yang dinaikkan gembala/pendeta sebelum ibadah berakhir. Di gereja ini, saya menemukan doa berkat yang belum pernah saya temukan di gereja ataupun pelayanan lainnya. Kalau saya menuliskan judul artikel ini dengan “doa berkat yang menggetarkan”, sebenarnya saya ingin mengatakan tentang doa berkat yang Alkitabiah.

Apa bedanya doa berkat di gereja ini? Doa berkat yang begitu memberkati saya di gereja ini adalah diawali dengan kalimat ini — moga-moga saya tidak salah mengingatnya — “Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya, dan taat kepada-Nya …”[1]. Ketika kalimat ini diucapkan pemimpin ibadah, kalimat berkat selanjutnya sudah tidak lagi saya dengar. Hati tergetar, badan saya merinding, dan setitik air mata menetes. Saya mengalami hadirat Tuhan dalam sekian detik doa berkat itu.

Kalimat itu mengunci semua doa berkat setelahnya. Gereja ini seperti sedang berkhotbah melalui doa berkat itu. Jemaat bisa saja datang beribadah, bisa saja bekerja keras melayani, tetapi tanpa mendengar dan setia taat melakukan Firman-Nya, tidak ada berkat di sana.

Luar biasa, terima kasih untuk kesempatan berkhotbah di gereja itu, sungguh saya rasa diberkati, khususnya melalui doa berkat mereka.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

  1. [1]mungkin sepertinya gabungan dari Ibrani 3:7 dan Ulangan 28:1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.