Andreas: a hero in the shadow

Tidak seperti saudaranya, Simon Petrus, Andreas mendapat porsi yang tidak begitu besar di dalam Alkitab. Saya lebih senang menyebut Andreas ini sebagai rasul yang “beroperasi” secara diam-diam. Hampir-hampir tidak kelihatan apa saja yang dikerjakannya, tetapi kita bisa belajar bahwa menjadi murid Kristus sejati tidak harus selalu tampil di depan.

Apakah ada yang pernah mendengar tentang gerakan “satu-satu” atau “satu menang satu”. Yup, ini sebuah gerakan di mana satu orang diharapkan memenangkan satu orang bagi Kristus. Gerakan ini sebenarnya terinspirasi dari apa yang dikerjakan Andreas di Yohanes 1:40-42.

Salah seorang dari keduanya yang mendengar perkataan Yohanes lalu mengikut Yesus adalah Andreas, saudara Simon Petrus. Andreas mula-mula bertemu dengan Simon, saudaranya, dan ia berkata kepadanya: “Kami telah menemukan Mesias (artinya: Kristus).” Ia membawanya kepada Yesus. Yesus memandang dia dan berkata: “Engkau Simon, anak Yohanes, engkau akan dinamakan Kefas (artinya: Petrus).”

Berapa banyak di antara kita punya semangat seperti rasul Andreas ini? Mengatakan kepada saudara, kepada sahabat, dan kepada orang-orang lain bahwa kita telah menemukan Mesias, dan membawa mereka kepada Yesus.

Saya berpendapat bahwa rasul Andreas juga adalah seseorang yang bisa melihat kebutuhan sebelum orang lain menyadarinya, dan mencari solusi atas hal itu. Inilah salah satu karakter yang dibutuhkan dari seorang hamba sejati.

Silakan baca Yohanes 6:1-14! Ketika yang lain masih kebingungan tentang bagaimana memberi makan 5000 orang, sejak awal Andreas sudah menyadari bahwa ada seorang anak yang mempunyai 5 roti dan 2 ikan. Dan, Andreas jelas tahu bahwa 5 roti dan 2 ikan itu sudah cukup selama Yesus ada bersama mereka.

Apakah Anda pernah menemui Andreas-Andreas seperti ini di gereja Anda atau di pelayanan Anda? Bukankah orang-orang macam ini sangat jarang mendapat perhatian dan pujian. Rasa-rasanya, kita ini masih perlu belajar kehambaan dan kerendahan hati dari rasul Andreas ya?

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

1 thought on “Andreas: a hero in the shadow

  1. Pingback: Pahlawan yang terlupakan: anak yang mempunyai 5 roti dan 2 ikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.