Simon Petrus dan panggilannya

Bernama asli Simon, adalah putra dari seorang bernama Yohanes (Yohanes 1:42; 21:16). Matius menyebut ayahnya bernama Yunus (Matius 16:17), yang merupakan bahasa Ibrani dari Yohanes. Seperti ayahnya, Simon adalah seorang nelayan, bersama dengan saudaranya, Andreas. Dalam Alkitab disebutkan mempunyai ibu mertua, dalam hal ini bisa disimpulkan Simon sudah berkeluarga, mempunyai istri.

Sebelum menjadi murid Tuhan Yesus, rupanya Simon bersama dengan Andreas, Yohanes, dan Yakobus adalah murid dari Yohanes Pembaptis. Pertemuan pertama Simon dengan Tuhan Yesus dicatat dalam Yohanes 1:35:42. Simon diperkenalkan oleh Andreas, yang mengatakan bahwa dia telah menemukan Mesias. Rupanya pertemuan pertama Simon dengan Tuhan Yesus ini tidak dengan segera membuat Simon mengikuti Dia.

Pertemuan berikutnya Simon dengan Tuhan Yesus, yang menurut saya menjadi titik panggilan pelayanan Simon, tercatat dalam Lukas 5:1-11. Waktu itu Simon baru saja kembali dari mencari ikan, tetapi tidak mendapatkan apapun. Ketika Tuhan Yesus sampai di pantai danau Genesaret itu, Dia “meminjam” perahu Simon untuk mengajar. Selesai mengajar Tuhan Yesus memerintahkan Simon untuk kembali mencari ikan.

Ini jawaban Simon, “Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan kami tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga.” Jelas, Simon sudah bekerja keras, mungkin sudah sangat kelelahan, mungkin juga dari nada bicaranya, dia sudah menyerah. Tetapi ingat, selelah apapun kita, saat sepertinya sudah tidak ada harapan, jika Tuhan yang menyuruh, lakukan saja!

Kemudian, setelah peristiwa itu, dengan pernyataan Yesus, “mulai dari sekarang engkau akan menjala manusia.”, Simon MENINGGALKAN SEGALA SESUATU untuk mengikut Tuhan Yesus. Sepanjang hidup Tuhan Yesus, Simon tidak lagi kembali menjadi penjala ikan. Hanya setelah kematian Tuhan Yesus, Simon tergoda kembali untuk balik kepada pekerjaan lamanya.

Siapkah kita meninggalkan segala sesuatu untuk mengikuti Tuhan Yesus?

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.