Yang tidak dipandang dunia, yang dipilih Tuhan Yesus

Pertanyaan ini datang lewat sms ke saya beberapa hari yang lalu, “Mas, mau tanya. Apa semua murid Tuhan Yesus riwayatnya diceritakan dalam Alkitab?”. Tiba-tiba seperti dapat pengilhaman, saya merencanakan untuk menulis seri 12 rasul yang dimulai dari tulisan ini.

Kalau kita hidup di masa Tuhan Yesus menapakkan kaki-Nya di tanah Yudea waktu itu, saya rasa kita akan melihat rombongan unik ini. Rombongan yang dipimpin oleh seorang anak tukang kayu yang dianggap sebagai guru, diikuti murid-murid-Nya yang mantan nelayan, mantan pemungut cukai, mantan pemberontak, dll. Ingat dalam tradisi Yahudi, seorang guru yang diikuti beberapa muridnya bukanlah sesuatu yang aneh. Tetapi yang aneh dari rombongan ini adalah murid-murid pilihan sang Guru.

Dalam pandangan dunia saat itu, 12 orang ini bukanlah siapa-siapa; bahkan ada yang secara turun-temurun dibenci dan dianggap musuh oleh orang sebangsanya. Betapa hal itu berbeda dengan gereja masa kini. Betapa kita ingin menjadi “from zero to hero”, menjadi yang “luar biasa, bukan biasa-biasa saja”, sementara Tuhan Yesus memilih mereka yang tidak pernah dianggap oleh dunia. Mustinya dari sini kita belajar arti kerendahan hati dan kehambaan kan? Bukankah untuk sampai ke puncak gunung, kita musti turun ke lembah dahulu? Bukankah dalam lemari anugerah Tuhan, anugerah yang lebih baik ada di tumpukan yang paling bawah, sehingga kita harus “membungkuk” untuk menggapainya?

Inilah nama 12 orang “biasa” itu:

  1. Simon Petrus
  2. Andreas
  3. Yakobus bin Zebedeus
  4. Yohanes
  5. Filipus
  6. Bartolomeus
  7. Tomas
  8. Matius
  9. Yakobus bin Alfeus
  10. Tadeus yang disebut Yudas yang disebut juga Lebbaeus
  11. Simon orang Zelot
  12. Yudas Iskariot yang kemudian digantikan Matias

Apa yang dipandang Tuhan Yesus dari 12 orang ini saat memilih mereka? Seri tulisan 12 rasul ini bukanlah biografi mereka. Saya hanya akan menuliskan apa yang Alkitab katakan tentang mereka, dan bagaimana kita belajar dari mereka. Saya membatasi diri untuk melihat sumber di luar Alkitab.

Saya sadar ada beberapa di antara para rasul ini yang mendapat porsi lebih banyak di Alkitab dibandingkan rasul yang lainnya. Karena itu, mohon dimaklumi jika ada rasul-rasul yang cukup saya tulis dalam satu postingan, sementara rasul yang lain bisa lebih dari satu postingan. Bersabar sejenak dan kita akan belajar dari mereka yang senantiasa berkumpul bersama dengan Tuhan Yesus sejak baptisan Yohanes hingga Dia terangkat ke surga (Kisah Para Rasul 1:21-22).

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

1 thought on “Yang tidak dipandang dunia, yang dipilih Tuhan Yesus

  1. Saudara

    Saya tertarik dengan Rasul pengganti Yudas Iskariot yaitu Rasul Matias. Hanya beberapa ayat waktu pemilihan Rasul yg menjelaskan tentang dirinya, apakah anda mengetahui siapa Rasul Matias lebih dalam lagi?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.