Saya bukan Pentakost, saya bukan GKJ, saya orang Kristen

Kerap diundang berkhotbah ke persekutuan-persekutuan di Sekolah, Kampus, Perusahaan, atau persekutuan oikumene lainnya adalah latar belakang saya membuat tulisan ini. Seringkali setiap berkhotbah di persekutuan-persekutuan semacam ini, bahkan juga di gereja-gereja, saya ditanya berasal dari gereja apa. Meskipun saya tidak pernah diperlakukan berbeda berdasarkan asal gereja saya, saya ingin menjelaskan apa arti sebenarnya menjadi orang Kristen.

Apakah ada perbedaan di antara gereja-gereja? Ya, pasti ada. Bukankah munculnya denominasi gereja disebabkan oleh perbedaan ini. Tetapi rasanya sudah waktunya kita berhenti membeda-bedakan apa yang tidak dibeda-bedakan Tuhan, dan tidak mengkotak-kotakkan apa yang tidak dikotak-kotakkan oleh Yesus.

Lhoh memang Tuhan Yesus mengkotak-kotakkan orang Kristen to? Yup, benar sekali, baca saja Alkitab! Lihat bagaimana Tuhan Yesus membedakan gadis yang bijaksana dengan gadis yang bodoh, hamba yang baik dan setia dengan hamba yang jahat dan malas, ada domba dan ada kambing. Tetapi penghakiman ada di tangan-Nya, bukan di tangan manusia seperti kita ini kan?

Sepanjang ditulis Alkitab, kata Kristen hanya tercantum sebanyak 6 kali. Berasal dari kata “Christianos” yang pada awalnya merupakan ejekan bagi orang-orang yang merupakan “pengikut atau murid Kristus”. Inilah orang Kristen sejati, seorang murid Kristus.

Entah di dalam darah saya mengalir darah GKJ, entah di dalam tubuh ini mengalir darah Pentakost atau Karismatik, yang saya tahu saya adalah orang Kristen, seorang murid Kristus. Setahu saya Tuhan Yesus tidak pernah melihat saya berdasarkan di gereja mana saya beribadah.

Kristus mengenal saya bukan karena saya bernubuat bagi Nama-Nya, bukan karena saya mengusir setan demi Nama-Nya, bukan pula karena saya mengadakan banyak mujizat dalam Nama-Nya (Matius 7:22-23). Sepanjang yang saya tahu, kalaupun Tuhan Yesus membedakan antara Anda dan saya, itu adalah dalam hal apakah Anda dan saya melakukan kehendak Bapa atau tidak (Matius 7:21).

Apakah Anda mengaku orang Kristen? Apakah Anda sungguh pengikut Kristus? Apakah Anda melakukan kehendak Bapa di Sorga?

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.