Sindrome “fast food”

      No Comments on Sindrome “fast food”

Baca : Kejadian 25:27-34

Dunia bergerak dengan kecepatan yang tinggi sekarang ini. Apa yang disebut sebagai efektivitas dan efesiensi memaksa manusia mengikuti kecepatan ini. Dalam dunia yang menuntut kecepatan sekarang ini, “fast-food” atau makanan cepat saji menjadi salah satu pilihan utama.

Tetapi di dalam dunia kuliner juga ada pernyataan sebagai berikut “fast food is junk food”. Pernyataan ini didukung oleh banyak ahli kuliner yang peduli tentang masalah kesehatan. Tuntutan untuk mengejar segala sesuatu dengan cepat dan instant, seringkali mengorbankan banyak sekali hal lain yang penting. Hal-hal yang mendesak seringkali menggantikan prioritas dari hal-hal yang penting dalam hidup kita.

Esau adalah salah satu orang yang terjebak dengan hal ini. Keinginannya untuk segera menikmati makanan “fast-food” kacang merah buatan Yakub, segera menjadi penyesalannya seumur hidup. Sebuah berkat instant di depan mata, menutupi pandangannya terhadap berkat abadi yang seharusnya adalah miliknya. Alkitab mencatat kalimat ini, “Demikianlah Esau memandang ringan …”! Bahkan Ibrani 12:6 menyatakan perilaku ini sebagai “nafsu yang rendah”.

Hati-hati! Kecenderungan kita mengejar berkat-berkat instant bisa membuat kita mengurbankan hal-hal yang sebenarnya jauh lebih penting dalam hidup kita. Jangan sampai pengejaran kita kepada berkat yang “enak dipandang” menjadi penyesalan seumur hidup kita.

Saya selalu menikmati “seni menunggu” di hadirat Tuhan. Saya menikmati proses-proses yang disiapkan Tuhan untuk hidup saya, tidak peduli seberapapun lamanya. Saya mempercayai bahwa kalau Tuhan sudah “membuat” saya menunggu, tidak mungkin Dia akan meninggalkan saya dengan tangan kosong.

Kalau Anda percaya bahwa waktu-Nya selalu tepat, mengapa Anda lebih suka mengejar sesuatu yang instant. Nasihat saya hari ini adalah, nikmatilah “seni menunggu” di hadirat Allah.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.