Menambahkan fonts di Ubuntu 10.04

Selama ini saya ada kesulitan menambahkan fonts di Ubuntu 10.04. Meskipun sukses install fonts melalui Synaptic, masalahnya adalah fonts tersebut tetap saja tidak bisa tampil di OpenOffice (sekarang sudah saya ganti LibreOffice), GIMP, Inkscape, atau aplikasi lainnya.

Setelah browsing ke sana-kemari, ternyata caranya mudah lho. Begini, misal Anda punya file fonts, entah dari Win**** atau dari download, silakan di-copy dulu. Boleh di masukkan USB Flash Disk atau langsung di-copy ke hardisk Ubuntu.

Kemudian masuk ke folder Home di Ubuntu 10.04 (bisa lewat Nautilus). Lalu tekan Ctrl + H, ini fungsinya untuk menampilkan hidden folder. Dari sini buat folder baru dengan nama “.fonts” (tanpa tanda kutip). Caranya? File > Create Folder atau bisa dengan Shift + Ctrl + N, beri nama “.fonts” tadi.

Nah, fonts yang tadi sudah Anda copy langsung saja di-paste-kan ke folder ini. Selesai. Untuk mengecek apakah sukses, silakan buka LibreOffice Anda, atau Inkscape, lalu cek apakah jenis font sudah bertambah.

Gampang kan, semoga bisa berguna kawan-kawan.

Update:

  • Sudah diuji pada Ubuntu 10.04, 11.04, 11.10, 12.04, 13.04

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

3 thoughts on “Menambahkan fonts di Ubuntu 10.04

  1. Pingback: LibreOffice Writer: menulis not angka di Ubuntu | SINAU LINUX

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.