Menggunakan Formula di dalam OpenOffice.org Writer

Dengan beberapa paper sains yang sering saya tulis, saya sangat memerlukan sebuah aplikasi yang mempermudah dalam menulis rumus-rumus. Baik itu berupa rumus matematis-fisika, atau juga rumus molekul kimia.

Untungnya OpenOffice.org Writer menyediakan aplikasi ini. Kalau di Microsoft Word dulu disebut sebagai Microsoft Equation, kalau di OpenOffice.org Writer disebut Formula. Memang belum begitu lengkap, tetapi sudah cukup memadai untuk penulisan paper-paper sains saya.

Contoh di sini, saya menggunakan OpenOffice.org Writer versi 3.2. Setelah masuk di OpenOffice.org Writer, klik Insert > Object > Formula, kemudian akan muncul tampilan berikut.

Layar dibagi menjadi dua. Bagian bawah untuk menulis formula rumus yang Anda inginkan, sedangkan bagian atas adalah layar dari OpenOffice.org Writer. Dialog box yang muncul adalah Formula Element, yang berisi kategori dan elemen fungsi yang bisa Anda gunakan.

Berikut ini beberapa secreenshot penggunaan Formula dalam OpenOffice.org Writer.

Moga-moga bermanfaat, terutama yang baru mencoba OpenOffice.org. Ayo berhenti menggunakan Microsoft Office bajakan, beli yang legal, atau seperti saya, pindah menggunakan open source software OpenOffice.org.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.