Indah pada waktunya bathukmu kinclong

Sik to, kelakuanmu kaya ngono, kok waninen masang status “Akan indah pada waktunya”?

Indah pada waktunya bathukmu kinclong! Ngerti ora sing mbok tulis kuwi saka Alkitab?[1]

Nèng ngomah mung mangan karo turu, liyané kuwi isamu mung dolan.

Pelayanan? Lha wong nèng gréja waé kudu digugah, ijik ngejak padu. Aku ki durung pernah ngerti kowé nèng gréja ora telat.

Maca Alkitab? Hah! Kaé lho bukumu pelajaran lagi mbok cekel yen ésuk arep mangkat sekolah. Ndonga? Mbuh!

Aku ndonga apa kudu omong kowé? Aku sembahyang kuwi nèng jero ati.

Dakwènèhi ayat manéh yo, kuwi yén kowé gelem maca. Mateus 7:16-20![2] Wong kuwi bakal katitik saka wohé. Ora perlu ngerti isiné atimu, uripmu wis cetha méla-méla.

Sorry to say, aku kok ora lila ya yén Gusti Yèsus mbok gawe dolanan kaya ngono kuwi. Gatèkna apa sing ditulis Alkitab:

Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya.[3]

Anak-anak muda, ini isi hati dari seorang yang pernah muda. Eh, tapi pengkhotbah boleh omong bathukmu kinclong apa tidak sih?

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

  1. [1]Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir. (Pengkhotbah 3:11)
  2. [2]Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri? Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik. Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik. Dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api. Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. (Matius 7:16-20)
  3. [3]Galatia 6:7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.