Gusti Allah ora kena digawé geguyon

reading-bible-blue[id]“Gusti Allah ora kena digawé geguyon”, dalam bahasa Indonesia kalau saya terjemahkan menjadi: “TUHAN Allah jangan dibuat lelucon. Kalimat di atas saya temukan waktu mempersiapkan pelayanan untuk adiyuswa (=lansia), ya saya temukannya sih di Alkitab, ada di Galatia 6:7. Tapi untuk lengkapnya, kita baca dulu ayat 7-8 ya.

Dalam terjemahan Alkitab basa Jawa tertulis demikian:

“Aja padha kesasar! Gusti Allah ora kena digawe geguyon. Awit apa kang disebar ing wong, iya iku kang bakan dieneni. Sabab sing sapa nyebar ing daginge, dheweke bakal ngeneni karusakan saka daginge – nanging sapa kan nyebar ing Roh, iya bakal ngeneni urip langgeng saka ing Roh iku.”

Dalam terjemahan Alkitab bahasa Indonesia tertulis demikian:

“Jangan sesat! Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan. Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya. Sebab barangsiapa menabur dalam dagingnya, ia akan menuai kebinasaan dari dagingnya, tetapi barangsiapa menabur dalam Roh, ia akan menuai hidup yang kekal dari Roh itu.”

Bagaimana kita bisa membuat TUHAN menjadi lelucon? Bagaimana kita bisa mempermainkan Dia? Saya rasa ayat-ayat di atas sudah cukup tegas dan jelas kan. Jika kita ingin menuai hidup kekal dari Roh, tetapi masih hidup menabur dalam kedagingan, di situlah kita menjadikan TUHAN hanya sebagai lelucon.

Dalam hal inilah kita mempermainkan TUHAN, jika kita berpikir bahwa kita masih bisa mendapatkan hidup yang kekal, selagi kita masih mengejar kedagingan. Bagaimana seorang hamba Tuhan bisa menyandang nama rohaniwan, sementara yang dikhotbahkannya hanya pemenuhan atas kebutuhan jasmani belaka.

Sekali lagi Alkitab menegur dengan keras, “Jangan sesat!”. Berhentilah mempermainkan Allah, jangan jadikan Dia hanya sebagai lelucon hidup, lelucon pelayanan, dan lelucon khotbah-khotbah kita.[/id]

[en]I’m so sorry, the English version of this post is not available yet.[/en]

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.