Mengasihi membutuhkan pengorbanan

Tadi siang lewat di ruang isteri mengajar. Anak-anak sedang diajar membaca bersama. Saya dengar kalimat yang membuat tersentak: “mengasihi sesama juga membutuhkan pengorbanan”. Begitu isteri keluar ruangan, saya minta untuk menunjukkan halaman yang tadi dibaca.

Mengasihi membutuhkan pengorbanan

Mengasihi membutuhkan pengorbanan

Saya rasa kalimat itu benar, mengasihi itu membutuhkan pengorbanan. Allah Bapa tahu pasti bahwa kasih-Nya kepada dunia harus mengorbankan Putra Tunggal-Nya. Kristus tahu pasti bahwa mengasihi manusia mengorbankan tubuh, darah, dan nyawa-Nya. Kita pun tahu pasti ada pengorbanan yang harus dibuat untuk mengasihi.

Pasti banyak yang setuju kalau saya mengatakan bahwa pengorbanan paling berat dalam mengasihi adalah korban perasaan. Kita tahu pasti bahwa saat kita mengasihi, orang bisa membalas dengan pengkhianatan. Kita tahu pasti bahwa mengasihi kadangkala berbuah kekecewaan.

Tetapi, saya setuju dengan pernyataan Rick Warren, “the best use of life is love”. Sebesar apapun pengorbanan untuk mengasihi, tetaplah memilih untuk mengasihi.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.