Gereja, jangan pakai EasyWorship bajakan dong!

Ada yang belum tahu aplikasi EasyWorship? Itu lhoh program projector yang biasanya digunakan untuk menampilkan slide lagu-lagu pujian. Umumnya beberapa gereja yang punya LCD Projector setahu saya menggunakan aplikasi ini, atau kalau tidak malah menggunakan Microsoft Office Power Point. Masalahnya adalah semua gereja yang saya tahu masih menggunakan aplikasi bajakan dengan crack atau serial number yang dibagi-bagi.

Padahal di negara kita ini berdasarkan Undang-undang No. 19 tahun 2002, penggunaan aplikasi bajakan bisa dituntut 5 tahun penjara atau denda 5 ratus juta rupiah. Apalagi gereja yang selama ini menyuarakan kebenaran, rasanya kok ada yang salah ya kalau masih gunakan aplikasi bajakan.

Sebanyak yang saya tahu, alasan yang sering dipakai adalah mahalnya harga aplikasi komputer yang orisinal. Ya memang sih, misal untuk EasyWorship versi terbaru harganya sekitar US$ 399, kalau versi upgradenya sekitar US$ 99. Tapi, membuat sebuah aplikasi komputer seapik itu memang tidak mudah. Tanya saja para programmer komputer. Dan rasanya masalah harga tidak bisa jadi alasan untuk membenarkan kita menggunakan aplikasi bajakan.

Jadi, saya sarankan kalau gereja memang berniat menggunakan Easy Worship sebagai alat menaikkan pujian dan penyembahan kepada TUHAN Allah Mahakudus, belilah yang asli. Kunjungi websitenya, di sana ada prosedur pemesanan dan pembayaran yang ringkas dan mudah. Solusi lainnya adalah gunakan aplikasi Open Source yang mirip dan bisa menggantikan Easy Worship atau Microsoft Office Power Point.

Open Source tidak berarti gratis, Anda memang harus membayar biaya ke warnet untuk mendownloadnya 🙂 Yang jelas, saat menggunakan produk aplikasi Open Source, gereja tidak lagi bermasalah secara hukum dan benar di hadapan Tuhan. Berikut ini adalah beberapa aplikasi projector yang bisa didownload di internet secara gratis dan digunakan secara bebas pula.

1. LibreOffice Impress (http://libreoffice.org)

Ini adalah paket Office lengkap yang bisa menggantikan Microsoft Office. Salah satu aplikasi di dalamnya adalah Impress yang sangat mirip dengan Power Point. Dapat diinstal di sistem operasi Windows, Linux, maupun Mac dan mendukung format Open Documents Office (ODF)

2. EasySlides (http://easyslides.com)

Ini adalah aplikasi yang sangat mirip dengan Easy Worship, penggunaannya juga mudah dan sederhana. Untuk sementara hanya bisa diinstall di sistem operasi Windows.

3. OpenLP (http://openlp.org)

Ini adalah aplikasi projector yang multi platform, artinya bisa diinstall di berbagai sistem operasi. Khusus ini saya sudah mencobanya di Ubuntu.

4. PowerSong (http://powersong.org)

Masih dalam tahap beta, tetapi sudah cukup bagus dan mudah penggunaannya.

Nah, artinya tidak ada alasan lagi kan untuk gereja menggunakan aplikasi bajakan. Bukan saya melarang menggunakan aplikasi Easy Worship, tapi apa tidak malu kalau “duta kebenaran surgawi” menggunakan aplikasi bajakan? 🙂

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

14 thoughts on “Gereja, jangan pakai EasyWorship bajakan dong!

    1. martianuswb Post author

      Bener … bener … biar saja dianggap kuno, yang penting tidak berdosa to 🙂 Wah, ini hikmat kehidupan banget

      Reply
    1. martianuswb Post author

      Tutorial openlp dan easyslides dapat diunduh di situsnya. Kalau database bawaan ya lagu-lagu klasik berbahasa Inggris. Untuk tutorial bahasa Indonesia dan database lagu-lagu berbahasa Indonesia, mohon maaf saya tidak punya 🙂

      Reply
    1. martianuswb Post author

      Soal komersial atau tidaknya sebuah aplikasi, silakan ditanyakan kepada pengembangnya. Kalau tidak mau yang komersial, sudah saya tuliskan di atas untuk menggunakan aplikasi yang open source. Inti dari tulisan saya adalah, jangan gunakan aplikasi bajakan 🙂

      Reply
  1. samuel christian s

    Om. saya download easyworship di 4shared apa itu juga bajakan? saya awam tentang komputer.

    Reply
    1. martianuswb Post author

      EasyWorship yang legal itu bisa diunduh dan dibeli di http://easyworship.com/, dan setiap pembeliannya disertakan lisensi. Harganya kalau tidak salah, yang baru $ 399, dan untuk upgrade $ 99.
      Ciri khas lain program bajakan biasanya masih menggunakan Crack.

      Reply
  2. vens

    mau tanya nih baru mau ngoprek openlp, kira2 yang openlp bisa gaya pake background video kayak easy worship, makasih mohon pencerahan

    Reply
    1. martianuswb Post author

      Wah, saya belum ngoprek sampai di situ. Menurut manualnya sih bisa. Coba cek di website-nya saja, bagian manual.

      Reply
  3. Aditya

    Kecenderungan membagi-bagi software EW lengkap beserta crack-nya kayaknya sekarang menjadi praktik lumrah. Umumnya memang ditambahi dengan pernyataan bahwa semangat membagi itu untuk kepentingan peningkatan kualitas pelayanan multimedia dan bagi kemuliaan nama Tuhan.
    Memang tidak dipungkiri betapa popularnya EW di kalangan pelayanan kreatif/multimedia gereja dan kayaknya berpindah ke church presentation software versi open source menciptakan learning curve yang baru… saya tunggu kehadiran modul-modul cara penggunaan versi open source dari church presentation software seperti yang Pak sebutkan…

    Reply
    1. martianuswb Post author

      Ah, ide bagus itu. Sebenarnya sudah ada modul-modulnya, cuma memang dalam bahasa Inggris. Mungkin akan saya coba siapkan yang bahasa Indonesia.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.