Panel desktop Ubuntu hilang!

Banyak pengetahuan saya tentang Linux, khususnya Ubuntu saya dapat melalui pengalaman. Salah satu contoh yang baru saja saya alami adalah saat panel Ubuntu rusak dan hilang.

Kebetulan saya diminta memberikan pelatihan kepada guru-guru beberapa Sekolah Dasar tentang penggunaan komputer. Beberapa SD yang saya bantu di komputer mereka sengaja saya instal BlankOn 5 Nanggar (berbasis Ubuntu 9.04). Karena saya menyadari kebanyakan guru-guru ini berusia di atas 40 tahun dan bahkan banyak yang belum pernah sekalipun memegang komputer. Keuntungan BlankOn adalah berbahasa Indonesia.

Saya biasa datang dua kali seminggu memberikan workshop dan pelatihan. Selama beberapa minggu saya melihat antusias para guru dalam berlatih menggunakan komputer. Kalau saya tidak bersama mereka seringkali mereka coba-coba sendiri, dan saya sudah nyatakan bahwa jangan takut kalau komputernya error atau rusak.

Nah, dua hari kemarin saya datang ke salah satu SD dan langsung dilapori bahwa dua komputer rusak. Saya masuk ke laboratorium komputer dan menemukan dua komputer panelnya mengalami kerusakan. Tempat di mana biasanya ada tulisan Aplikasi, System, dan lain-lain hilang. Panel desktop bawah juga hilang. Saya bilang kepada mereka, tidak masalah dan masih bisa diperbaiki. Meskipun sebenarnya saya bingung juga, karena belum pernah mengalami yang demikian. Setelah googling dan browsing, ternyata mengembalikan panel yang hilang di desktop Ubuntu itu sangat mudah.

Begini langkah-langkahnya:

  1. Buka console dengan menekan Alt + F2 
  2. Ketikkan gnome-terminal dan klik Run
  3. Setelah masuk ke terminal, ketikkan gconftool-2 –shutdown
  4. Lanjutkan dengan mengetik gconftool –recursive-unset /apps/panel
  5. Lanjutkan dengan mengetik rm -rf ~/.gconf/apps/panel
  6. Yang terakhir ketik pkill gnome-panel

Maka, bim-salabim dua panel Ubuntu akan kembali seperti semula. Mudah kan?

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.