Pemrograman lidah

      No Comments on Pemrograman lidah

Kebetulan beberapa hari yang lalu disibukkan dengan aktifitas coding, dan tiba-tiba datang sebersit pencerahan, maka dihasilkanlah tweet ini:

Bagi yang terbiasa dengan pemrograman komputer, istilah-istilah di atas tidaklah asing dan langsung bisa mengerti apa yang saya maksudkan. Nah, untuk memperjelasnya, saya tuliskan postingan ini. Sekaligus menunjukkan kesamaan prinsip antara pemrograman komputer dengan manajemen lidah kita.

Sebelum sebuah aplikasi komputer bisa digunakan, seorang pemrogram akan menyusun kode-kode program yang nantinya berwujud aplikasi siap pakai. Proses ini biasanya disebut coding. Sebelum sebuah perkataan keluar dari mulut kita, ada sumber-sumber yang kita kumpulkan dan pertimbangkan, yang kemudian kita susun dalam bentuk kalimat-kalimat.

Compile dalam pemrograman adalah mengubah bahasa komputer menjadi bahasa mesin. Hal ini dimaksudkan supaya aplikasi yang tersusun dalam bahasa komputer bisa dijalankan oleh sebuah mesin. Saat kita melakukan proses compile berkaitan dengan pemrograman lidah, saya berharap sebelum perkataan dikeluarkan oleh mulut kita, dipikirkan, dipertimbangkan, disusun, supaya bisa dimengerti oleh lawan bicara, dan sekaligus tidak menimbulkan kesalahpahaman.

Proses debug adalah mencari dan meminimalisir kesalahan (=bug) yang mungkin ada di dalam kode-kode sumber yang disusun. Dalam pemrograman lidah, debug kita lakukan dengan hati yang tulus dan terbuka, mencari kesalahan-kesalahan yang mungkin terselip di dalam perkataan-perkataan yang akan kita keluarkan.

Setelah proses compile selesai, debug tidak menemukan kesalahan, maka perketaan bisa kita eksekusi keluar dari mulut. Dengan prinsip ini, saya harap kita jadi orang Kristen yang tidak mudah menyakiti orang lain dengan perkataan-perkataan kita.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.