Samsat Cepat kota Surakarta

Samsatcepat1Samsat_cepat2

Beberapa hari yang lalu, saya membayar pajak motor lewat pelayanan Samsat Drive Thru/Samsat Cepat. Sebenarnya saya sudah livetweet di linimasa, tetapi untuk lebih jelasnya akan saya tuliskan secara lebih lengkap di sini.

Ini pertama kalinya saya membayar pajak kendaraan bermotor via Samsat Cepat, biasanya saya membayar di Bus keliling Pelayanan Samsat, yang sudah saya tulis sebelumnya, dan bisa di baca di sini.

Pelayanan Samsat Cepat di Solo berlokasi di tempat yang sama di Kantor Kecamatan Pasar Kliwon, yaitu di Jalan Kapten Mulyadi 111. Pelayanan di sama mulai jam 08.00-13.00 untuk hari Senin-Kamis, dan jam 08.00-11.00 untuk hari Jumat. Untuk hari Sabtu biasanya libur, tetapi mungkin ada perubahan karena mulai Maret 2012, instansi di kota Solo akan kembali aktif 6 hari kerja. 

Meskipun pelayanan dibuka jam 8 pagi — kemarin dimulai jam 8.30 — wajib pajak biasa antri sebelum jam itu. Saran saya datanglah lebih pagi. Saat datang ke sana, Anda akan disambut seorang Satpam yang akan meneliti berkar-berkas Anda dan memberikan nomor antrian. O’ya, di sini Anda cukup membawa BPKB, STNK, dan KTP (semua asli). Disarankan membayar dengan uang pas, supaya tidak terlalu lama prosesnya.

Silakan tunggu hingga nomor antrian Anda dipanggil. Sebenarnya waktu pelayanannya lebih cepat di sini daripada di Bus keliling Samsat. Dua orang akan dilayani dalam satu waktu, kurang dari dua menit. Sempat berbincang-bincang dengan para wajib pajak yang sudah biasa membayar di situ, rupanya Samsat Cepat ini punya prinsip “nomor antrian = menit”. Jadi begini, misal nomor antrian Anda adalah nomor 7, maka Anda harus sudah dilayani pada menit ke-tujuh. Artinya, ada target satu orang hanya butuh 1 menit pelayanan, dan memang benar saya alami sendiri.

Nah, karena kebetulan saya dapat nomor antrian 81, hitung saja sendiri kapan saya selesainya 🙂

Kalau di sebelah barat kota Solo ada Kantor Samsat di Kerten, lalu di selatan ada Samsat Cepat di kantor kecamatan Pasar Kliwon, usul saya ada baiknya dibuka pelayanan Samsat Cepat yang bisa menjangkau daerah utara dan timur Solo, misal bisa di kantor kecamatan Jebres 🙂 (biar dekat rumah).

Okay, itu sharing saya tentang Samsat Cepat. Tidak perlu lewat calo, cepat dan mudah kok.

=============

Tulisan ini bebas disebarluaskan, dengan catatan mencantumkan sumbernya http://martianuswb.posterous.com/

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.