Manajemen mulut

      1 Comment on Manajemen mulut

Baca: Yakobus 3:1-12

  1. Saudara-saudaraku, janganlah banyak orang di antara kamu mau menjadi guru; sebab kita tahu, bahwa sebagai guru kita akan dihakimi menurut ukuran yang lebih berat.
  2. Sebab kita semua bersalah dalam banyak hal; barangsiapa tidak bersalah dalam perkataannya, ia adalah orang sempurna, yang dapat juga mengendalikan seluruh tubuhnya.
  3. Kita mengenakan kekang pada mulut kuda, sehingga ia menuruti kehendak kita, dengan jalan demikian kita dapat juga mengendalikan seluruh tubuhnya.
  4. Dan lihat saja kapal-kapal, walaupun amat besar dan digerakkan oleh angin keras, namun dapat dikendalikan oleh kemudi yang amat kecil menurut kehendak jurumudi.
  5. Demikian juga lidah, walaupun suatu anggota kecil dari tubuh, namun dapat memegahkan perkara-perkara yang besar. Lihatlah, betapapun kecilnya api, ia dapat membakar hutan yang besar.
  6. Lidahpun adalah api; ia merupakan suatu dunia kejahatan dan mengambil tempat di antara anggota-anggota tubuh kita sebagai sesuatu yang dapat menodai seluruh tubuh dan menyalakan roda kehidupan kita, sedang ia sendiri dinyalakan oleh api neraka.
  7. Semua jenis binatang liar, burung-burung, serta binatang-binatang menjalar dan binatang-binatang laut dapat dijinakkan dan telah dijinakkan oleh sifat manusia,
  8. tetapi tidak seorangpun yang berkuasa menjinakkan lidah; ia adalah sesuatu yang buas, yang tak terkuasai, dan penuh racun yang mematikan.
  9. Dengan lidah kita memuji Tuhan, Bapa kita; dan dengan lidah kita mengutuk manusia yang diciptakan menurut rupa Allah,
  10. dari mulut yang satu keluar berkat dan kutuk. Hal ini, saudara-saudaraku, tidak boleh demikian terjadi.
  11. Adakah sumber memancarkan air tawar dan air pahit dari mata air yang sama?
  12. Saudara-saudaraku, adakah pohon ara dapat menghasilkan buah zaitun dan adakah pokok anggur dapat menghasilkan buah ara? Demikian juga mata air asin tidak dapat mengeluarkan air tawar.

Mulut mungkin adalah salah satu organ tubuh yang seringkali salah terbuka di waktu yang juga salah. Ada banyak hal terjadi disebabkan oleh perkataan kita yang sia-sia.

Beberapa fakta berkaitan dengan mulut:

  • Rata-rata, seseorang mengadakan 30 kali percakapan sehari
  • Kita menghabiskan 1/5 hidup kita untuk berbicara
  • Dalam satu tahun, mulut kita bisa menghasilkan 66 buku @ 800 halaman.
  • Laki-laki umumnya berbicara 20.000 kata perhari
  • Perempuan umumnya berbicara 30.000 kata perhari

Mengapa kita harus memanajemen mulut? Yakobus dengan sangat baik menggambarkan 6 ilustrasi penting mengenai manajemen mulut.

#1 Mulut kita mengendalikan arah hidup kita

Perhatikan ayat 3-4, Yakobus menggambarkan lidah kita seperti kekang pada kuda atau kemudi pada kapal. Kekang pada kuda mengendalikan arah jalan kuda, kemudi di kapal mengarahkan arah dari kapal tersebut.

#2 Mulut kita dapat menghancurkan semua yang kita miliki

Perhatikan ayat 5-8, di mana Yakobus menunjukkan lidah kita seperti api kecil yang bisa membakar hutan dalam sekejap mata, dan seperti binatang liar yang “buas, tak terkuasai, dan mematikan”. Lidah, meskipun organ tubuh yang kecil, tetapi sanggup menghancurkan hidup kita.

Perhatikan bahwa di sini, lidah adalah satu-satunya anggota tubuh manusia yang dikaitkan dengan neraka. Yakobus menyadari dan menggambarkan bagaimana lidah itu bisa menyalakan kehidupan tetapi sekaligus dinyalakan oleh api neraka.

#3 Mulut kita menunjukkan siapa kita sebenarnya

Perhatikan ayat 9-12! Yakobus menunjukkan gambaran menarik tentang mata air dan pohon yang berbuah. Yakobus menegaskan kembali pernyataan Matius 15:18 bahwa apa yang keluar dari mulut berasal dari hati. Yakobus tidak bisa menerima pernyataan bahwa mulut bisa saja kasar tetapi hati lembut. TIDAK! Kalau ada yang salah dengan mulut kita, pasti ada yang salah di hati kita.

Bagaimana memanajemen mulut kita? Pusat segala perkataan kita adalah di hati kita!

  • Proverbs 18:20 (Good News) “You have to live with the consequences of everything you say.”
  • Proverbs 18:20 (Good News) “You have to live with the consequences of everything you say.”

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

1 thought on “Manajemen mulut

  1. Pingback: Pagar bagi perkataan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.